Ganjar-Yasin raih 100 persen suara di sejumlah TPS Boyolali

id Paslon 1 100 persen di TPS Tambak

Ganjar-Yasin raih 100 persen suara di sejumlah TPS Boyolali

Bupati Boyolali Seno Samodro saat memberikan hak suaranya pada Pilgub Jateng 2018 di Boyolali.(Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (Antaranews Jateng) - Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin berhasil  meraih 100 persen suara dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Dukuh Randusari, Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Anggota Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) 4 Desa Tambak Boyolali, Giyanto, di Boyolali, Jumat, mengatakan di TPS 4 Desa Tambak, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 445 pemilih dari Dukuh Randusari dan Cermo.

Namun, kata Giyanto, warga yang hadir memberikan hak suaranya pada Pilgub Jateng tahun ini sebanyak 396 pemilih. Dari hasil penghitungan suara pasangan calon nomor 1 (Ganjar-Yasin) mendapat 376 suara, 20 kertas suara dinyatakan rusak, sementara pasangan nomor 2 yakni Sudirman Said-Ida Fauziyah, kosong atau nihil.

Giyanto mengatakan saat penghitungan suara ada saksi dari kedua paslon, tetapi saksi dari paslon nomor 2 yang datang dari luar dukuh sudah melakukan pencoblosan atau memilih di TPS kampungnya.

"Saksi dari paslon nomor 2 memang tidak mencoblos di TPS 4. Dia sudah memberi hak pilihnya di kampungnya atau luar dukuh," kata Giyanto.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ketua KPPS 4 Dukuh Randusari Desa Tambak, Andri Waskito, yang menyatakan TPS 4  hasil penghitungan suara 100 persen untuk pasangan nomor 1, sedangkan pasangan nomot 2 kosong.

Bupati Boyolali Seno Samodro saat dikonfirmasi soal TPS 100 persen suara untuk Ganjar-Yasin dalam Pilgub Jateng 2018 juga membenarkan. Paslon Ganjar-Yasin di Boyolali malah ada 14 TPS yang 100 persen suaranya.

"Di 14 TPS itu, termasuk di TPS 4 Desa Tambak Mojosongo Boyolali," kata Seno.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali  Siswadi Sapto Harjono saat dikonfimasi soal adanya TPS dari hasil penghitungan suara di Boyolali 100 persen untuk pasangan calon nomor 1, sedangkan pasangan nomor 2 kosong.

"Ya membenarkan ada TPS itu, tetapi kami tetap menunggu hasil Rapat Pleno penghitungan suara Pilgub Jateng di Boyolali pada 5 Juli mendatang," kata Siswadi.

Komisioner KPU Boyolali, Pardiman, sebelumnya menyatakan  menemukan 14 TPS  di Boyolali, pasangan nomor urut 1 itu mendapat perolehan suara 100 persen untuk Ganjar-Yasin.  

Bahkan, sebuah foto catatan hasil penghitungan suara di TPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018, menjadi viral di media sosial. Formulir model C-1 itu memperlihatkan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin memperoleh suara 100 persen.

Menurut Pardiman, pasangan nomor 1 mendapatkan suara 100 persen tersebut antara lain di Kecamatan Selo ada enam TPS. Terdiri TPS 8 Desa Lencoh, TPS 4 (Suroteleng), TPS 1 dan 3 (Senden), serta TPS 1 dan 3 (Jeruk).     

Kemudian di Kecamatan Juwangi, di TPS 1 dan 3 Desa Krobokan, TPS 4 (Cerme), dan TPS 2 (Kayen). Di Kecamatan Mojosongo, di TPS 4 Desa Tambak, Wonosegoro TPS 2 dan 4  (Bengkle), serta  Musuk di TPS 4 (Cluntang). 



 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar