Libur Lebaran, Borobudur targetkan 356.747 pengunjung

id pengunjung borobudur, lebaran

Libur Lebaran, Borobudur targetkan 356.747 pengunjung

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ricky SP Siahaan (Heru Suyitno)

Magelang (Antaranews Jateng) - Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur pada libur Lebaran 2018 ditargetkan sebanyak 356.747 wisatawan kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ricky SP Siahaan.

"Target kunjungan wisatawan libur Lebaran selama 12 hari tersebut naik sekitar 7,5 persen dari libur Lebaran 2017," katanya di Magelang, Selasa.

Ia optimistis target tersebut bisa tercapai karena cuti bersama Lebaran tahun ini lebih panjang dibanding tahun 2017.

"Kami harapkan keluarga-keluarga yang memanfaatkan cuti bersama ini akan lebih banyak punya waktu untuk berkunjung ke objek wisata Borobudur ini, di mana kita ketahui magnet Borobudur ini luar biasa," katanya.

Pihaknya memprediksi puncak kunjungan wisatawan pada libur Lebaran 2018 pada H+4 yaitu Selasa (19/6) dengan target 56.998 pengunjung.

Ia mengatakan Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan pemudik yang akan berkunjung di Candi Borobudur.

Menurut dia TWCB sudah menyiapkan aneka hiburan untuk menyambut wisatawan, antara lain atraksi punokawan, kampung dolanan, foto booth, cokekan, warung info, pameran UKM, perkusi, jatilan, kidung karmawibangga, dan wayang kulit.

"Atraksi hiburan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar Borobudur. Ini adalah kesempatan untuk mengangkat dan menggali kesenian dan kebudayaan yang ada di Borobudur ini," katanya.

??General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan TWCB tidak hanya melakukan persiapan di dalam kawasan Candi Borobudur, melainkan juga melaksanakan rekayasa lalu lintas bekerja sama dengan Polres Kabupaten Magelang untuk memperlancar akses pengunjung ke Candi Borobudur agar tidak menimbulkan kemacetan dan keruwetan lalu lintas saat menuju dan meninggalkan kawasan wisata tersebut.

Ia menuturkan selama bulan Ramadhan ini jumlah pengunjung turun, namun sejak Senin (11/6) sudah mulai ada peningkatan.

"Selama bulan Ramadhan ini jumlah pengunjung pada hari biasa sekitar 1.000 hingga 2.000 wisatawan, namun sejak kemarin pengunjung meningkat menjadi 3.200 wisatawan," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar