Purwokerto (ANTARA) - Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Akhmad Sodiq mengatakan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri tersebut harus siap beradaptasi terhadap segala tantangan.

"Kegiatan hari ini penerimaan mahasiswa baru, kami berharap mulai dari awal kita rencanakan bahwa tantangan sekarang itu 'kan mahasiswa harus unggul, siap berkompetisi, dan siap beradaptasi terhadap tantangan," kata dia setelah Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024-2025 di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan titik krusial berkaitan dengan istilah yang dikenal dengan HOTS, yakni Higher Order Thinking Skills.

Menurut dia, hal itu terkait dengan upaya agar kecakapan berpikir kritis, memecahkan permasalahan, kreativitas dan inovasi, komunikasi, serta kolaborasi bisa diwujudkan.

"Kuncinya adalah adik-adik melalui program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Kemudian yang kedua dengan kegiatan kemahasiswaan," katanya.

Ia mengharapkan Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024-2025 yang dirangkai dengan kegiatan Soedirman Student Summit 2024 itu bisa menjembatani menjadi lulusan yang unggul.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed Noor Farid mengatakan pada tahun akademik 2024-2025, jumlah peminat yang ingin menjadi mahasiswa baru di Unsoed 109.206 orang namun yang lolos seleksi 8.324 orang.

Dalam hal ini, kata dia, jumlah peminat Program Diploma 25.888 orang namun yang diterima 1.660 orang, Program Sarjana diminati 82.276 pendaftar namun yang diterima 6.824 orang, sedangkan Program Spesialis-1 terdapat 42 peminat yang diterima 13 peminat.

"Sementara untuk Program Magister terdapat 900 peminat namun yang diterima 390 orang, dan Program Doktor sebanyak 142 peminat namun yang diterima 38 orang," katanya.

Kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut dilakukan secara hibrida, yakni luring di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman dan daring di masing-masing fakultas.

Kegiatan Soedirman Student Summit 2024 yang mengusung tema "Eskalasi Bestari: Satukan Arah Raih Upalamba Lahirkan Panglima Muda Sing Humanis Kalihan Gelora" tersebut diisi dengan gelar wicara menghadirkan pesohor Maudy Ayunda untuk memberi motivasi kepada para mahasiswa baru Unsoed.

Saat berbicara di depan mahasiswa baru, Maudy Ayunda mengaku bangga bisa menjadi bagian dari kegiatan Soedirman Student Summit 2024 tersebut.

"Senang sekali, seperti yang kalian tahu aku sangat suka lingkungan sekolah dan rasanya ikut merayakan hari-hari pertama atau the start of something new buat teman-teman. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi aku," katanya.

Baca juga: Peneliti berbagai perguruan tinggi bahas ketahanan pangan di Unsoed

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024