Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mempercepat perbaikan Stadion Wergu Wetan Kudus agar bisa selesai sebelum proses verifikasi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk penentuan stadion sebagai kandang tim Persiku Kudus yang musim ini berkompetisi di Liga 2 Indonesia.

"Untuk saat ini perbaikannya sudah mencapai 80 persen, sehingga dalam waktu dekat tentunya bisa selesai sebelum tim verifikasi dari PSSI dan PT LIB datang ke Kudus," kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus Widoro Heriyanto di Kudus, Jumat.

Perbaikan yang dilakukan, kata dia, hampir menyeluruh, sedangkan untuk rumput lapangan juga sudah dilakukan sejak awal karena menjadi perhatian utama untuk kelayakan stadion menggelar pertandingan Liga 2.

Perbaikan lainnya, yakni terkait ruang ganti pemain juga sudah dilakukan dari sebelumnya sekadar ruangan, kini dilengkapi ruang ganti atau locker room dan dilengkapi pula dengan layar televisi berukuran besar.

"Kebersihan stadion juga menjadi perhatian sehingga hampir semua dilakukan pengecatan dan halaman yang sebelumnya hanya tanah diganti dengan paving. Barang-barang yang dinilai mengganggu kenyamanan dipindahkan," ujarnya.

Beberapa pintu masuk stadion yang sebelumnya tidak berfungsi, kata dia, juga dilakukan perbaikan karena menjadi syarat untuk kemudahan akses keluar masuk pengunjung maupun mobil ambulans dan akses lainnya yang memang dibutuhkan.

Ia mengungkapkan sepintas wajah Stadion Wergu Wetan Kudus ini tampak berbeda dari sebelumnya karena selain tampil lebih baru juga lebih bersih setelah semua sarana dan prasarana pendukung diperbaiki.

"Biasanya dalam proses verifikasi meliputi infrastruktur stadion, kelayakan stadion, fasilitas-fasilitas ruangan, ketersediaan toilet, jalur evakuasi, ruang ganti pemain, ruang media, dan masih banyak lagi tentunya. Untuk lebih detailnya tentu Manajemen Persiku yang paham," ujarnya.

Ia berharap perbaikan yang dilakukan bisa menjadikan Stadion Wergu Wetan Kudus ini layak menggelar kompetisi Liga 2, sekaligus menjadi kandang tim Persiku Kudus.

Baca juga: PSSI sumbang sapi kurban ke Pemkot Surakarta

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024