Semarang (ANTARA) - Salah satu upaya BPJS Kesehatan Cabang Ungaran dalam memperluas jaringan pelayanan administrasi kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional yaitu dengan menghadirkan pelayanan secara langsung dengan bertatap muka di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Semarang.

Pelayanan di MPP ini merupakan bentuk kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Semarang untuk memberikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah kabupaten ini.

Untuk memastikan pelayanan administrasi Program JKN berjalan dengan baik di MPP Kabupaten Semarang, Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Ifitida Yasar melakukan kunjungan ke MPP Kabupaten Semarang yang terletak di Jalan Fatmawati, Kecamatan Tuntang pada Jumat (26/07).

Dalam kunjungannya, Ifitida juga menyempatkan waktu untuk bertemu dan menyapa peserta Program JKN yang sedang berkunjung di gerai BPJS Kesehatan yang berada di dalam MPP Kabupaten Semarang.

“Saya ingin memastikan bahwa pelayanan administrasi Program JKN yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Ungaran di MPP Kabupaten Semarang berjalan dengan baik dan tentunya peserta juga bisa merasakan kemudahan disini. Seperti yang kita ketahui, wilayah di Kabupaten Semarang yang cukup luas membuat sebagian masyarakat di Kabupaten Semarang yang tinggal di daerah yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan datang dan memanfaatkan pelayanan administrasi disini,” kata Iftida.

Iftida juga mengatakan ruang tunggu dan fasilitas yang berada di MPP Kabupaten Semarang sudah sangat nyaman dan baik. Dirinya berharap masyarakat di wilayah Kabupaten Semarang juga merasa puas dengan pelayanan administrasi publik di MPP Kabupaten Semarang, khususnya di gerai BPJS Kesehatan.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang terus memberikan dukungan terhadap implementasi Program JKN, salah satunya dengan pelayanan publik di MPP Kabupaten Semarang. Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan di gerai BPJS Kesehatan yang berada di MPP Kabupaten Semarang. Peserta bisa memanfaatkan pelayanan pendaftaran bagi peserta baru, perubahan data peserta, pelayanan informasi terkait Program JKN dan pelayanan pengaduan,” ujar Iftida.

Hadir dalam kegiatan kunjungan Anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan di MPP Kabupaten Semarang yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Dwi Syaiful Noor Hidayat yang mewakili Bupati Kabupaten Semarang dalam kegiatan tersebut mengatakan dirinya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang akan terus berupaya memberikan dukungan secara penuh terhadap pelayanan publik yang berada di MPP Kabupaten Semarang.

“Terdapat 25 gerai dari institusi pemberi pelayanan publik yang berada di MPP Kabupaten Semarang, dan dari 25 institusi yang hadir disini terdapat 129 jenis layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang berharap pelayanan publik disini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” ujar Syaiful.

Terkait dengan Program JKN, Syaiful juga memberikan dukungan secara penuh, menurutnya Program JKN telah hadir dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Menurutnya, banyak masyarakat yang terbantu dengan jaminan kesehatan yang telah dijalankan BPJS Kesehatan. Dirinya juga sangat berharap Program JKN dapat terus berjalan dan hadir untuk memberikan jaminan kesehatan di Indonesia.

“Dengan ditunjang pelayanan administrasi dan pelayanan kesehatan yang sudah sangat baik dari BPJS Kesehatan dari masa ke masa, ini merupakan bukti nyata negara hadir dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Sudah banyak masyarakat yang membuktikan pelayanan kesehatan dari Program JKN. Saya berharap pelayanan yang sudah sangat baik dari BPJS Kesehatan dapat terus dipertahankan,” tutup Syaiful. ***


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024