Semarang (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Muhammad Hafizh meraih medali emas di ajang 21th ASEAN University Games (AUG) 2024 pada cabang olahraga taekwondo poomsae (seni) beregu putra.

Bersama dua rekannya, yakni Muhammad Rizal (Universitas Bina Nusantara Bogor) dan Muhammad Syarif Hidayatullah (STAI Nurul Iman) Bogor, Hafizh mewakili tim poomsae beregu putra kontingen mahasiswa Indonesia cabang olahraga taekwondo.

"Perasaannya bangga karena ini pertama kalinya untuk poomsae Indonesia juara satu," kata Hafizh, dalam pernyataan di Semarang, Minggu.

Hafizh beserta timnya mengaku terinspirasi oleh atmosfer AUG 2024 yang meriah dan suportif.

Ia berharap prestasi tersebut dapat memotivasi generasi muda atlet taekwondo Indonesia untuk terus semangat berlatih dan berprestasi.

"Setelah sekian lama tidur dan akhirnya kita (Indonesia, red.) bisa bangkit lagi mendapatkan emas," kata atlet kelahiran Yogyakarta, 18 Agustus 2000 itu, diamini rekan setimnya.

Untuk cabang olahraga taekwondo di AUG 2024, kata dia, terdiri dari dua kategori utama, yakni seni (poomsae) dan tarung (kyorugi), serta setiap kategori memiliki subkategori yang dipertandingkan.

Cabang olahraga taekwondo diikuti sembilan negara di Asia Tenggara, yakni Brunei, Myanmar, Singapore, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Timor Leste, dan Indonesia.

Meski menemui berbagai tantangan, pelaksanaan pertandingan taekwondo AUG 2024 berjalan lancar dan sukses menghasilkan para juara baru.

Prestasi tersebut, kata mahasiswa angkatan 2019 S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip itu, menjadi bukti bahwa taekwondo Indonesia terus berkembang dan siap bersaing di level internasional.

Selain Taekwondo, AUG 2024 mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga, antara lain futsal, petanque, voli, tenis, renang, basket, judo, handball, wushu, bridge, catur, atletik, panahan, pencak silat, dan karate.

Di ajang AUG 2024, kontingen Indonesia tampil sebagai juara umum dengan mengantongi sebanyak 270 medali, yakni 113 emas, 93 perak dan 64 perunggu.

AUG merupakan pesta olahraga antarmahasiswa se-kawasan Asia Tenggara yang diselenggarakan mulai 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa Timur (Surabaya-Malang).

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024