Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah mendukung peningkatan literasi di kalangan masyarakat dengan membentuk Komunitas Baca Tulis Bank Indonesia Semarang (Kamus).

Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra, dalam pernyataan di Semarang, Sabtu, menyampaikan komitmen BI terhadap upaya meningkatkan minat baca maupun tulis masyarakat dan optimalisasi fungsi perpustakaan di kantor perwakilan.

Ia menyebutkan salah satu upaya yang didorong saat ini, yakni melalui komunitas baca "Kamus" yang bersinergi dengan komunitas baca lain yang sudah ada di Jateng, terutama di Kota Semarang.

Diadakan pula bedah buku dengan  narasumber utama Fellexandro Ruby sebagai penulis buku "You Do You" pada Rabu (19/6), yang  membahas pengembangan diri menjadi pribadi yang lebih baik 

Bedah buku tersebut sekaligus menjadi bagian peresmian komunitas baca "Kamus" yang diharapkan memberikan "insight" dalam meningkatkan "self awareness" maupun eksplorasi potensi terbaik diri untuk menjadi pribadi yang kompeten dan berdaya saing tinggi. 

Kegiatan yang bertema "Optimalisasi Diri melalui Penguatan Literasi" itu bertujuan untuk meningkatkan minat baca tulis masyarakat, sebagai rangkaian World Book Day 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jateng De Francisco Da Silva Tavares menyambut baik upaya BI dalam mendukung minat baca di Jateng.

Ia mengapresiasi BI atas kerja sama dan sinergi yang selama ini telah terbangun dengan apik sehingga diharapkan ke depan koordinasi yang solid tetap terjaga.

Diakuinya, pelaksanaan agenda bedah buku dan peresmian komunitas baca tulis ini tidak terlepas dari semangat BI untuk menjadi "institutional leaders" dalam upaya membangun generasi penerus bangsa yang kompetitif dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024