Kudus (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membuka layanan pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) menyambut Hari Raya Idul Adha untuk memudahkan pengurus tempat ibadah dalam melaksanakan ibadah kurban.

"Pelayanan pemotongan hewan kurban di RPH khusus Hari Raya Idul Adha memang dibebaskan retribusinya atau gratis, karena nantinya kami hanya menyiapkan tempat dan sarana pendukungnya," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Didik Tri Prasetiyo di Kudus, Selasa.

Karena peralatan yang tersedia serba elektronik, maka pihaknya juga akan menyiapkan petugas yang membantu pengoperasian alat yang tersedia, seperti hidrolis hingga timbangan.

Untuk petugas pemotongan hewan, selama ini panitia kurban sudah menyiapkan sendiri, sehingga Dinas Pertanian hanya mempersiapkan tempat dan sarana serta prasarana pendukungnya.

Rencananya, kata dia, layanan pemotongan hewan dibuka mulai tanggal 17-19 Juni 2024.

Untuk itu, dia mempersilakan, panitia hewan kurban mengajukan permohonan kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, sehingga ketika permintaan banyak bisa diatur jadwalnya.

RPH yang ada di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus itu, juga sudah disiapkan.

RPH modern yang ada di Desa Prambatan Kidul tersebut, dilengkapi kandang ternak dengan daya tampung 40 ekor hewan ternak, sedangkan kapasitas pemotongan hewan ternak per harinya sekitar 25 ekor.

Fasilitas yang tersedia di RPH modern, selain kandang ternak, juga dilengkapi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) serta alat pemotong hewan modern.

Baca juga: Harga ternak kurban di Boyolali naik hingga Rp2 juta per ekor

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024