Cilacap (ANTARA) - Mitra binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap,  KYE Ecoprint Kampung KB "Gadis" Tegalreja turut ambil bagian pada kegiatan Dekranas Expo 2024  dalam rangka HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Pamedan Mangkunegaran, Surakarta.

Acara yang berlangsung pada 15-19 Mei 2024 itu juga diikuti oleh sejumlah UMKM binaan Pertamina lainnya.

KYE Ecoprint, bersama lebih dari 257 pengrajin dari 38 provinsi di Indonesia, menampilkan berbagai hasil karya kerajinan ecoprint seperti kain, baju, tas, dan topi. 

Dekranas Expo 2024 ini dibuka secara daring oleh Ibu Negara dan Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo serta Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dari Ballroom Hotel Alila Solo. Pada hari kedua, Ibu Negara hadir langsung dan mengunjungi booth mitra binaan Pertamina.

Iriana menyambut baik acara ini serta menyebutnya sebagai wadah untuk memamerkan ragam kriya dan wastra Indonesia. 

"Alhamdulillah, saya tadi masuk dan pangling karena ibu-ibu semua di sini pakai kain masing-masing daerah. Di hari istimewa ini, saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional yang ke-44," ujarnya.

Penjabat Ketua Dekranasda Jawa Tengah Shinta Nana Sudjana mengharapkan acara tersebut memotivasi perajin untuk memajukan potensi wastra dan kriya lokal yang berkualitas. 

Baca juga: Kilang Cilacap soroti kemajuan teknologi digital di Harkitnas 2024

Ketua Panitia HUT Ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang menyatakan produk yang ditampilkan telah terkurasi dengan baik. "Semua produk yang ada di expo merupakan pilihan dari binaan masing-masing Dekranasda dan BUMN, sehingga kualitasnya sangat baik," katanya.

Di ekspo ini, KYE Ecoprint mengajak pengunjung merasakan langsung proses pembuatan ecoprint dengan metode pukul atau pounding. “Saya baru tahu kalau ternyata daun yang diletakkan di kain dan kemudian dipukul menggunakan palu kayu dapat menjadi kerajinan dengan motif yang unik," ujar Kuncoro, salah satu pengunjung yang mencoba teknik pounding.

Kasiatun dari KYE Ecoprint mengungkapkan bahwa banyak pengunjung tertarik mencoba teknik tersebut dan beberapa kerajinan yang mereka bawa berhasil terjual. "Alhamdulillah, begitu banyak pengunjung yang tertarik mencoba teknik pounding di booth kami, dan beberapa kerajinan yang kami bawa laku dibeli," ujarnya.

Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan bahwa pameran ini sangat penting bagi mitra binaan UMKM untuk memperluas pasar. 

"Keikutsertaan dalam pameran ini secara otomatis meningkatkan pembeli. Apalagi ecoprint yang mengusung konsep ramah lingkungan, memanfaatkan daun-daun sebagai motif ini sangat unik," katanya.

Cecep menambahkan bahwa Pertamina berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s). “Seluruh upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di semua lini bisnis dan operasi Pertamina,” tutupnya.

Baca juga: Umat Kristiani Kilang Cilacap salurkan bantuan pendidikan dalam rangka Paskah 2024
Baca juga: Program TJSL Kilang Cilacap raih penghargaan Gold di ajang ISSF Kemendes PDTT
Baca juga: Kilang Cilacap lepas 97 jamaah calon haji

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024