Purwokerto (ANTARA) - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara seminar bertajuk "Memanfaatkan Artificial Intelligence dengan Bijak dalam Penyusunan Tugas Akhir" di Aula Syamsuhadi Irsyad UMP, Jumat (8/3).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Rektor I UMP Saefurahman PhD, Kepala Perpustakaan UMP Riski Tri Wisnanawati, kepala program studi, dan mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor I UMP Saefurahman PhD menekankan pentingnya penggunaan teknologi secara bijak dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di era digital saat ini.

"Perpustakaan UMP bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku, juga sebagai sarana bagi para mahasiswa untuk berbagi ilmu dan menguasai teknologi demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045," ungkapnya.

Baca juga: Masjid At-Tajdiid UMP gelar program istimewa berhadiah umrah

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UMP Riski Tri Wisnanawati menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan langkah strategis dari perpustakaan UMP untuk memberikan edukasi kepada para mahasiswa tentang penggunaan yang bijak dari teknologi Artificial Intelligence, khususnya dalam proses penyusunan tugas akhir.

"Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam penyusunan tugas akhir memiliki potensi besar untuk memberikan kontribusi positif, namun penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan plagiarisme atau pelanggaran etika akademik," jelasnya.

Acara tersebut juga menjadi momentum penting untuk menobatkan dua mahasiswa, yakni Afifah Haifannuha dari Program Studi Keperawatan dan Hindun Asvi Khaeratul Khisan dari Program Studi Pendidikan Matematika sebagai Duta Perpustakaan Tahun 2024. 

Selain itu, Dr Laily Nurlina MPd selaku perwakilan dosen dan M Zaeni Lathif selaku perwakilan tenaga pendidik juga dinobatkan sebagai Duta Perpustakaan Tahun 2024

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam memanfaatkan perpustakaan dan teknologi untuk kemajuan pendidikan di UMP. (nar/tgr)

Baca juga: Dukung UMKM lokal, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Pasar Ramadhan 2024
Baca juga: Dosen Farmasi UMP raih penghargaan "Good Poster Presentation" di Thailand
Baca juga: Fakultas Hukum UMP gelar kuliah umum bersama Umam

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024