Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menggelar Pasar Ramadhan 2024 di seputaran Kampus I UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk mendukung UMKM lokal

Pasar Ramadhan 2024 secara resmi dibuka oleh Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso pada Rabu (13/3) sore dan akan berlangsung hingga 9 April. Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh pejabat Rektorat dan Dekanat di lingkungan UMP.

Dalam kesempatan itu, Rektor UMP mengatakan Pasar Ramadhan 2024 bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada para pedagang UMKM yang merupakan binaan kampus.

"Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat memenuhi kebutuhan keluarganya di momen berkah Ramadhan," ungkapnya.

Ia pun menyampaikan catatan prestasi yang diperoleh dalam Pasar Ramadhan sebelumnya. "Pada Pasar Ramadhan UMP tahun lalu, tercatat ada uang beredar sekitar Rp1,8 miliar selama 20 hari. Ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki kegiatan ini dalam mendukung ekonomi lokal," katanya.

Rektor juga meluangkan waktu untuk mengunjungi sejumlah stan UMKM yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Pasar Ramadhan 2024 yang digelar sejak Senin (11/3).

Baca juga: Dosen Farmasi UMP raih penghargaan "Good Poster Presentation" di Thailand

Salah seorang pedagang makanan, Joni Setiawan menyampaikan rasa syukurnya atas peningkatan omzet yang diraihnya sejak mengikuti Pasar Ramadhan UMP 2024. 

Ia mengaku pada hari-hari biasa berjualan di depan Apotek UMP dan bisa meraih omzet rata-rata Rp600 ribu per hari. Selanjutnya pada hari Minggu berjualan di arena SunMor UMP dan bisa meraih omzet hingga Rp750, dan sejak mengikuti Pasar Ramadhan 2024 meraih omzet rata-rata Rp900 ribu per hari.

"Saya sangat bersyukur karena omzet penjualan saya meningkat. Bahkan, saya juga mulai memberikan layanan pesan antar untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujarnya.

Usai rangkaian kegiatan pembukaan Pasar Ramadhan 2024, Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso meresmikan Gedung Smart Creative Center yang berlokasi di belakang Gedung Rektorat UMP. Hal ini sebagai upaya untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi di kalangan civitas academica UMP.

Dengan semangat berbagi dan mendukung UMKM lokal, Pasar Ramadhan 2024 di UMP Purwokerto diharapkan dapat terus menjadi wadah bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Fakultas Hukum UMP gelar kuliah umum bersama Umam
Baca juga: Aisyiyah UMP gelar pasar murah di sekitar Masjid At-Tadjiid
Baca juga: UMP gelar tablig akbar sambut Ramadhan di Kampus 4

Pewarta : KSM/Sumarwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024