Cilacap (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat aset PT Pertamina (Persero) di Cilacap, Jawa Tengah. 

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan secara simbolis oleh Menteri ATR/BPN kepada General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Edy Januari Utama di kompleks Head Office KPI RU IV Cilacap, Selasa (2/1).

“Pak GM, hari ini saya serahkan sertifikat perpanjangan HGB (Hak Guna Bangunan) seluas 113.529 meter persegi untuk penyelenggaraan kegiatan minyak dan gas bumi Pertamina. Silakan," kata Menteri Hadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya juga mengingatkan Pertamina untuk mengurus sertifikat tanah yang menjadi aset perusahaan. 

"Kalau masih ada (aset) Pertamina yang belum selesai, silakan segera diproses lagi," tegasnya.

Baca juga: Ratusan peserta ikuti lomba burung berkicau GM Kilang Cilacap Cup I

Dalam kesempatan itu, GM PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengapresiasi kunjungan Menteri ATR/BPN di Kilang Cilacap yang merupakan kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia. 

"Kilang Cilacap berkapasitas produksi 348 ribu barrel per hari, dengan tanggung jawab 34 persen BBM nasional dan 60 persen di Pulau Jawa. Kami bersyukur, operasional kilang sejauh ini berjalan aman, lancar, dan patuh pada regulasi," katanya. 

Kunjungan singkat Menteri Hadi didampingi Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dan pejabat terkait diterima langsung oleh GM Edy Januari Utama didampingi Senior Manager Operation and Manufactur (SMOM) Hermawan Budiantoro dan tim manajemen.  

Kunjungan tersebut dilakukan Menteri Hadi Tjahjanto dalam kesempatan pendampingan rangkaian kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, salah satunya agenda pembagian 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat di GOR Premium Pertamina, kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, Jalan Juanda, Kecamatan Cilacap Tengah.

Baca juga: Kilang Cilacap tegaskan sikap netral dalam menghadapi Pemilu 2024
Baca juga: Perwira Kilang Cilacap rayakan HUT Ke-66 Pertamina dengan lari 66 kilometer
Baca juga: Kilang Cilacap dan Pemkab Cilacap sepakati kerja sama pembangunan daerah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024