Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dan Pemerintah Kabupaten Cilacap menandatangani Surat Kesepakatan Bersama, menandai komitmen bersama dalam pembangunan daerah. 

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan oleh General Manager PT KPI RU IV Edy Januari Utama dan Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri di Ruang Gadri, Pendopo Wijayakusuma, Cilacap, Jumat (15/12).

Dalam sambutannya, Edy menyatakan bahwa kesepakatan bersama ini merupakan hasil kolaborasi antara KPI dan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan daerah. 

"Kesepakatan ini sejalan dengan tugas-tugas pokok BUMN, khususnya KPI sebagai subholding Refining and Petrochemical dalam bidang energi," ungkapnya.

Baca juga: Kilang Cilacap sukses kumpulkan 1.143 kantong darah dalam donor darah rutin

Menurut dia, tugas pokok KPI di antaranya sebagai unit bisnis yang mendorong perekonomian nasional, menjalankan kewajiban Public Service Obligation (PSO), operasional yang menguntungkan, dan pionir dari segi ekonomi. 

"Kami juga berperan sebagai pendongkrak perekonomian di wilayah sekitar melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dan hal ini sejalan dengan kesepakatan bersama hari ini," kata Edy.

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri menyambut baik kesepakatan tersebut sebagai kelanjutan dari kerja sama yang sudah terjalin baik antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dan KPI. 

"Kerja sama antara pemkab dengan KPI sudah sangat baik. Kontribusi KPI di berbagai bidang pembangunan di Kabupaten Cilacap sudah nyata dan dirasakan manfaatnya," ungkap Awal.

Lebih lanjut, Awal menyebut bahwa kesepakatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi semua pihak, termasuk pemerintah daerah, KPI, dan masyarakat. 

Baca juga: Ratusan anak dari berbagai wilayah Cilacap ikuti khitanan massal Bazma RU IV

"Kesepakatan ini akan diimplementasikan melalui perjanjian kerja sama dengan instansi terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing," katanya.

Ruang lingkup kesepakatan bersama mencakup berbagai bidang, antara lain lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan budaya, pendidikan, kesehatan, dan bidang lain yang disepakati bersama. Awal juga menekankan kontribusi positif KPI dalam mengurangi angka stunting dan kemiskinan, penyediaan tenaga kerja, penanganan rumah tidak layak huni, pemberian air bersih, jambanisasi, hingga upaya menekan inflasi.

Acara penandatanganan kesepakatan ini turut dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Cilacap Sujito, sejumlah kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait, dan jajaran manajemen KPI RU IV.

Baca juga: Menteri ESDM pastikan operasional Pertamina berjalan optimal jelang pergantian tahun
Baca juga: Pentas wayang kulit hingga lomba burung meriahkan HUT Ke-6 KPI dan HUT Ke-66 Pertamina di Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024