Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menggelar donor darah rutin di gedung Patra Graha, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (7/12), yang mampu menarik antusiasme tinggi dari berbagai kalangan.

Donor darah di kilang yang dikenal sebagai yang terbesar dan paling strategis di Indonesia itu berhasil mengumpulkan sebanyak 1.143 kantong darah.

Kendati donor darah baru dimulai pukul 08.00 WIB, sejumlah penderma sudah antre sejak pukul 07.00 WIB untuk ikut serta dalam kegiatan mulia itu. 

Fungsi Health RU IV membuka loket pendaftaran di gedung utara, mencakup tensi darah, verifikasi, dan cek hemoglobin (Hb). Sementara itu, gedung utama Patra Graha menjadi tempat pengambilan darah bagi yang lolos pendaftaran.

Dari total 1.213 pendaftar, sebanyak 1.143 penderma berhasil menyumbangkan darah mereka. Sebagai bentuk apresiasi, Kilang Cilacap memberikan paket sembako kepada para penderma. 

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan Platinum ISDA 2023

Area Manager Commrel and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna menyatakan hal itu wujud terima kasih dan penghargaan Kilang CIlacap untuk para penderma dari unsur pekerja, keluarga, mitra kerja, dan masyarakat yang selalu antusias mengikuti kegiatan donor darah rutin ini.

Selain donor darah, acara yang terkait dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 PT KPI dan HUT ke-66 Pertamina itu juga mencakup Voluntary Consulting Test (VCT). 

"VCT merupakan tes sukarela untuk mengetahui seseorang positif atau negatif mengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus). Pada kesempatan ini, tes VCT diikuti oleh 92 peserta," kata Cecep.

Donor darah merupakan program rutin triwulanan PT KPI RU IV bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap yang sudah terjalin bertahun-tahun. PMI Kabupaten Cilacap juga melibatkan PMI dari Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Kebumen dalam pelaksanaannya. 

Acara tersebut tidak hanya menjadi wujud solidaritas, juga kontribusi positif terhadap ketersediaan stok darah untuk masyarakat di sekitar kilang dan sekitarnya.

Baca juga: Kilang Cilacap sosialisasikan penetapan Daerah Terbatas Terlarang di wilayah perairan
Baca juga: El Nino Alert di Kilang Cilacap raih dua penghargaan KPI Group Awards 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024