Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 KPI dan HUT Ke-66 Pertamina dengan beragam kegiatan dan lomba yang melibatkan internal perusahaan hingga masyarakat umum. 

Sejak 13 November hingga 10 Desember, sejumlah kegiatan telah diadakan untuk merayakan HUT PT KPI sebagai subholding Refining and Petrochemical diperingati setiap 13 November dan HUT Pertamina pada tanggal 10 Desember. Acara meriah tersebut menandai semangat kebersamaan dan kontribusi Kilang Cilacap dalam pengembangan masyarakat.

Area Manager Communication, Relations and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna mengatakan Kilang Cilacap melibatkan masyarakat dalam kemeriahan perayaan ulang tahun tersebut.

"Kilang Cilacap menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Maka kemeriahan HUT baik Pertamina maupun KPI juga melibatkan masyarakat," tegasnya.

Berbagai kegiatan internal termasuk turnamen olahraga seperti tenis lapangan, sepakbola, voli, menembak, dan panahan telah diadakan di berbagai tempat di sekitar Cilacap. Selain itu, kegiatan eksternal juga menjadi daya tarik, seperti donor darah, turnamen golf, pagelaran wayang kulit, lomba kesenian, dan lomba burung.

Baca juga: Kilang Cilacap sukses kumpulkan 1.143 kantong darah dalam donor darah rutin

Salah satu highlight adalah "Pagelaran Wayang Kulit" yang diadakan pada Sabtu (16/12) malam di area parkir Gedung Patra Graha. Acara ini mengundang dalang Ki Oggi Titis Sabdo Carito dari Widarapayung. Masyarakat diundang untuk datang dan menikmati pertunjukan yang dimulai pukul 19.00 WIB.

Selain itu, Lomba Kesenian Tek-tek di GOR Premium Komperta Gunung Simping pada Minggu (17/12) juga menjadi momentum penting. Kegiatan ini melibatkan peserta dari sejumlah daerah di sekitar Cilacap, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Kebumen.

"Ini wujud kepedulian kami melestarikan kesenian tradisional yang memang masih digemari oleh masyarakat," kata Cecep.

Kemeriahan HUT KPI dan Pertamina diakhiri dengan sejumlah acara lomba, termasuk Open Turnamen Bola Voli GM Cup 2023, Balap Sepeda Nasional 'PT KPI RU4 Criterium Open Championships 2023', dan Lomba Burung 2023 yang melibatkan Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK). 

Acara-acara ini diharapkan dapat memeriahkan akhir tahun serta meningkatkan kunjungan wisata ke Cilacap. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi, baik sebagai peserta maupun penonton, sebagai kontribusi positif bagi masyarakat di momentum spesial ini.

Baca juga: Kilang Cilacap raih penghargaan Platinum ISDA 2023
Baca juga: Kilang Cilacap sosialisasikan penetapan Daerah Terbatas Terlarang di wilayah perairan
Baca juga: El Nino Alert di Kilang Cilacap raih dua penghargaan KPI Group Awards 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024