Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 430 peserta mengikuti Lomba Burung Berkicau yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap di gantangan Jalan Damar, Cilacap, Minggu (31/12/2023). 

Kegiatan yang bertajuk GM Cup I itu menjadi penutup rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-66 Pertamina dan HUT Ke-6 PT KPI.

Ketua Panitia Ridan mengatakan peserta lomba merupakan pehobi burung kicau dari berbagai kota di Indonesia.

"Selain dari wilayah Cilacap dan Banyumas Raya, tercatat para peserta juga ada yang dari Kabupaten Pemalang, Magelang, hingga Yogyakarta. Ada juga dari beberapa kota di Jawa Barat seperti Pangandaran, Tasikmalaya, dan Cirebon. Luar biasa antusiasme peserta," jelasnya.

Menurut dia, ada 4 kategori yang dilombakan yakni Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, dan Kenari. 

"Lomba juga semakin meriah dengan keterlibatan peserta dari Bapor Patra Wijayakusuma Bird Club serta tim manajemen di kelas Murai Batu Ekor Panjang," katanya.

Selain mengokomodasi para pehobi burung kicau, kata dia, kegiatan tersebut juga terbukti memberikan kontribusi para kunjungan masyarakat di Kabupaten Cilacap.

"Sebagaimana event-event HUT lain yang terbuka untuk umum, lomba burung juga mendongkrak jumlah kunjungan masyarakat ke Cilacap. Dampak positifnya jumlah hunian hotel dan produk-produk UMKM," tegas Ridan.

Baca juga: Kilang Cilacap tegaskan sikap netral dalam menghadapi Pemilu 2024

Saat membuka lomba, GM KPI RU IV Edy Januari Utama menyambut baik kegiatan yang disebutnya menjadi sarana menjalin hubungan baik dengan pemangku kepentingan di wilayah operasi. 

"Kami berkepentingan menjalin hubungan baik dengan stakeholder manapun sebagai wujud dukungan terhadap operasional perusahaan, termasuk lomba burung ini," jelasnya.

Kesempatan itu juga diwarnai dengan pembagian paket sembako bagi masyarakat di sekitar lapangan gantangan dan pelaku UMKM sekitar. 

"Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Doakan untuk keselamatan dan operasional kilang kami," kata Edy.

KPI merupakan anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai prinsip Environment, Social, and Governance (ESG). KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada 10 Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG. 

KPI akan terus menjalankan bisnis secara profesional untuk mewujudkan visi sebagai Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Baca juga: Perwira Kilang Cilacap rayakan HUT Ke-66 Pertamina dengan lari 66 kilometer
Baca juga: Kilang Cilacap dan Pemkab Cilacap sepakati kerja sama pembangunan daerah
Baca juga: Ratusan anak dari berbagai wilayah Cilacap ikuti khitanan massal Bazma RU IV

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024