Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berupaya menaikkan kelas tempat wisata di daerah tersebut dari tingkat lokal menjadi regional pada 2024.

"Pada tahun 2024 kami akan lebih mendorong  wisata yang sudah ada ini menjadi embrio ke regional, bukan lokal lagi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana di Temanggung, Kamis.

Ia menyampaikan program pemerintah pusat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) salah satunya adalah membangun pariwisata.

"Untuk membangun Temanggung bagaimana kami upayakan Temanggung menjadi bagian dari Borobudur-Dieng, bagaimana para turis ke Dieng kami hubungkan dengan Posong, Sigandul View, kemudian ada Liyangan dan sebagainya," katanya.

Selain itu, katanya di 2024 pihaknya akan mengoptimalkan kawasan Jumprit yang  sudah dibangun oleh pemerintah pusat untuk perlengkapan objek wisata.

"Bagaimana Jumprit kami harapkan, modalnya sudah cukup besar, aksesibilitasnya sudah hebat," katanya.

Sebenarnya Jumprit sudah terkenal dari dulu dengan pengambilan air suci Waisak di Borobudur.

"Mimpi saya bagaimana konektivitas Borobudur-Dieng di Temanggung menjadi paket lengkap, pagi di pasar Papringan, makan siang bisa di Sigandul, menginap di Posong. Baru paginya ke Jumprit-Dieng aksesnya sudah gampang," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024