Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih Penghargaan Kinerja Penelitian Terbaik pada ajang Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah 2023 yang digelar di Hotel Patra, Semarang, Selasa (19/12).

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andhoko, S.H., M.H. menyampaikan bahwa acara tersebut bertujuan memberikan apresiasi terhadap kinerja perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Jawa Tengah.

"Ini merupakan upaya kami untuk ikut membangun peradaban yang lebih baik di LLDIKTI Wilayah VI, sekaligus menjaga kualitas PTS agar terus berjalan dengan baik," ungkapnya.

Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI Adhrial Refaddin, S.I.P., M.P.P. menjelaskan bahwa ini merupakan kali pertama acara tersebut dilaksanakan. 

Menurut dia, tujuan acara tersebut adalah membangun komitmen bersama untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan secara optimal. 

Dalam hal ini, kata dia, LLDIKTI Wilayah VI dan 16 LLDIKTI lainnya bertugas memberikan pendampingan, pengawasan, dan pengendalian kepada PTS di wilayah tengah.

Baca juga: BIPA UMP gelar lokakarya tingkatan kompetensi pengajar

"Kami memanfaatkan data dari PD Dikti yang kami olah menjadi peta kinerja. Data tersebut menjadi dasar untuk pengembangan kebijakan, program, dan kegiatan, sehingga dapat menjadi acuan untuk memberikan apresiasi kepada pimpinan PTS yang telah berkinerja baik," jelas Adhrial.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMP Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso menyampaikan rasa syukur atas penghargaan sebagai "PTS Kinerja Penelitian Terbaik". 

Ia berterima kasih kepada semua pihak termasuk LLDIKTI VI atas penghargaan yang diberikan.

"Penghargaan ini adalah bukti dari komitmen seluruh civitas academica UMP dalam menjamin mutu pendidikan yang baik, salah satunya melalui aktivitas penelitian para dosen. UMP terus mendorong para dosen untuk terus berprestasi melalui aktivitas Tri Darma Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Rektor UMP menambahkan bahwa dengan meraih penghargaan "PTS Kinerja Penelitian Terbaik" dalam Anugerah LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023.

Ia mengharapkan penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademica UMP untuk meraih prestasi lebih banyak lagi. (Chy)

Baca juga: UMP gelar workshop internasional hadirkan pembicara dari University of Groningen
Baca juga: Ma`had Al Imam Malik selenggarakan Workshop Maharatul Kalam di UMP
Baca juga: Rektor UMP masuk sebagai nomine dalam Satria Leader Award 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024