Purwokerto (ANTARA) - Ma`had Al Imam Malik, Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam, menyelenggarakan Workshop Bahasa Arab dengan tema "Maharatul Kalam: Kunci Fasih Berbahasa Arab" di Aula AK Anshari Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jumat-Sabtu (8-9/12).

Workshop ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan, Alumni, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan UMP yang diwakili oleh Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam UMP Dr. Daud Asep Kosasih.

Dalam sambutannya, Asep menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan workshop bahasa Arab ini. Ia menekankan pentingnya kemahiran kalam dalam membuka wawasan dan pengetahuan, serta mengucapkan selamat datang kepada para peserta di UMP yang memiliki akreditasi unggul.

Baca juga: Rektor UMP masuk sebagai nomine dalam Satria Leader Award 2023

Workshop Bahasa Arab diikuti oleh 50 peserta perwakilan Pondok Pesantren se-Kabupaten Banyumas. Acara ini mengacu pada modul 1 Maharatul Kalam yang diterbitkan oleh Ma`had Al Imam Malik UMP.

Direktur Ma`had, Muhammad Asdi Nurkholis, S.Pd,I., B.Ed., M.Pd. mengatakan tujuan utama dari workshop ini adalah membiasakan para Ustadz dan Ustadzah Pesantren berbicara dalam bahasa Arab sebagaimana orang Arab. Modul 1 dirancang untuk mengajarkan 7 percakapan harian dengan target menguasai 200 kosakata baru.

Kegiatan ini fokus pada penguasaan keterampilan berbicara bahasa Arab untuk pemula dengan menggunakan metode percakapan. Para peserta dibimbing oleh sejumlah co. Trainer, antara lain Khadik Setiadi, Lc., MA., Bruri Abdussalam, Lc., MA., Ahmad Wahyudi, Lc., Laela Nur Hidayati, Lc., Anis Safrida, Lc., dan Afifah Ni`matud Diyanah, Lc.

"Workshop ini diharapkan dapat membantu peserta memaksimalkan kemampuan dalam Maharatul Kalam," kata Asdi. (asd)


Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto resmi buka Program Magister S2 Psikologi
Baca juga: UMP-AIPNI gali peluang kerja sama internasional dengan Acibadem University Istanbul
Baca juga: Rektor UMP lantik Direktur Pascasarjana, Dekan, dan Ketua Lembaga Hukum masa jabatan 2023-2027


 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024