Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara pelantikan pelantikan Direktur Program Pascasarjana, Dekan, dan Ketua Lembaga Hukum yang akan memimpin di lingkungan kampus untuk masa jabatan 2023–2027. 

Acara tersebut digelar di Aula AK Anshori Gedung Pusat UMP Lantai 3, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (30/11).

Adapun adalah daftar yang dilantik, yakni Dr Kuntoro MHum sebagai Direktur Program Pascasarjana, Dr Elly Hasan Sadeli MPd sebagai Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Assoc Prof Dr Naelati Tubastuvi SE MSi sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Ir Iskahar ST MT sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Sains, Dr Anis Shofiyani SP MP sebagai Dekan Pertanian dan Perikanan. 

Selain itu, Retno Dwiyanti SPsi MSi PhD sebagai Dekan Fakultas Psikologi apt Binar Asrining Dhiani MSc PhD sebagai Dekan Fakultas Farmasi, Dr Wida Nirmalawati SS MA sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi, Assoc Prof Dr Ns Hj Umi Sholikhah sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Assoc Prof Dr dr M Mansur Romi SU PA(K) sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, dan Dr Soediro SH LLM sebagai Ketua Lembaga Hukum. 

Dalam sambutannya, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso menekankan pentingnya peran Direktur Program Pascasarjana, Dekan, dan Ketua Lembaga Hukum dalam mengembangkan visi dan misi universitas. 

"Kepemimpinan akademis yang baik di tingkat fakultas, dan program pascasarjana sangat menentukan kesuksesan dan kualitas pendidikan di UMP," katanya.

Menurut dia, masa jabatan Dekan dan Direktur Program Pascasarjana yang baru dilantik ini akan berlangsung hingga tahun 2027. 

Baca juga: Kuliah di UMP Bisa Piknik Asyik di Luar Jawa Bersama PMM 4 Outbound

"Selamat kepada para dekan yang baru dilantik. Semoga keberlanjutan pembangunan akademis UMP semakin maju dan berkontribusi positif bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia," kata Rektor. 

Buka kampus keempat di Tegal

Dalam kesempatan itu, Rektor juga mengumumkan rencana pengembangan UMP dengan membuka kampus baru di Kabupaten Tegal dan menambah program studi baru, termasuk program S3 Pendidikan, S2 Hukum, S2 Psikologi, serta S1 Desain Komunikasi Visual dan Ilmu Olahraga. 

Ia mengharapkan langkah-langkah tersebut akan semakin memperkuat posisi UMP di tingkat nasional dan internasional.

Ia juga mengajak seluruh civitas academica dan pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama menjaga reputasi UMP serta terus meningkatkan kualitas program studi hingga mendapatkan akreditasi Unggul pada tahun 2027.

Baca juga: Perpustakaan UMP luncurkan "Titik Baca" di 100 Taman Baca Masyarakat

"Dengan semangat baru dan komitmen tinggi, UMP melangkah ke masa depan dengan keyakinan bahwa perguruan tinggi ini akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan pendidikan dan masyarakat," jelasnya. 

Pesan spiritual BPH

Dalam acara pelantikan tersebut, Badan Pembina Harian (BPH) UMP diwakili oleh Drs H Achmad Kifni memberikan pesan spiritual kepada para pejabat yang baru dilantik. Ia menyoroti pentingnya keberagaman dalam kepemimpinan dengan mencatat bahwa separuh dari pimpinan yang dilantik adalah perempuan.

"Karena Badan Pembina Harian jadi nasehatnya spiritual semua orang yang menjabat menghayati filosofi kepala. Ada Lima, pertama melihat ke atas. Artinya harus patuh pada atasan. Kedua melihat kebawah, artinya tidak ada sukses seseorang sendirian, pasti ada dukungan dari bawah. Ketiga menengok, lihat ke kanan dan ke kiri teman sekerja jangan dilupakan," ungkapnya.

Ia mengakhiri pesannya dengan mengajak para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan tekun, kencang, dan penuh dedikasi. "Bekerjalah dengan tenang hati, jangan gelisah. Insya Allah akan mencapai tujuan. Aamiin ya robbal alamin," kata Achmad Kifni. (tgr)

Baca juga: Perpustakaan UMP gelar bazar kuliner UMKM binaan dukung ekonomi lokal
Baca juga: Tim HMPS Geografi UMP raih Second Best Performance di Igeos 2023
Baca juga: Zunifan Arif Nugroho pimpin Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UMP

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024