Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 24 dari 25 pesilat Badan Pembina Olahraga (Bapor) Silat PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap sukses mendulang medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Championship 1 2023. 

Kejuaraan yang diikuti 1.035 pesilat dari 93 kontingen yang meliputi berbagai perguruan pencak silat dan sekolah maupun perkumpulan tersebut digelar di Gelanggang Olahraga Wijayakusuma, Jalan Rinjani, Cilacap, Sabtu-Minggu (4-5/11).

Selain dari Cilacap juga diikuti atlet dari berbagi daerah di luar Pulau Jawa, seperti Batam, Kepulauan Riau.

Pertandingan terbagi dua sistem, yakni Pemasalan usia dini/SD-8 tahun, SD usia 9-12 tahun Pra Remaja/SMP pada nomor Tanding dan Seni, serta sistem prestasi untuk remaja, SLTA/dewasa dengan nomor Tanding dan Seni.

Ketua Delegasi Bapor Silat RU IV Cilacap Budiono mengapresiasi kerja keras seluruh atlet pada ajang bergengsi tersebut, sehingga mampu membawa pulang hasil terbaik, 24 medali sekaligus. 

"Luar biasa, ini pencapaian yang sangat kami syukuri. Event seperti ini penting untuk melatih mental anak-anak dan di sisi lain membawa nama baik PT KPI RU IV di bidang olahraga pencak silat," katanya.

Baca juga: Berbagi inspirasi dan antiperundungan, Pertamina Energi Negeri 6.0 kunjungi empat SD di Cilacap

Menurut dia, medali emas disumbangkan oleh 9 atlet di antaranya M. Dafandra Cendikia dan Dzakiya Arsiyila Habibah di kelas 18-20 kilogram, Fatimah Mukhbita Khoirina di kelas 20-22 kg, Nur Cantika Nesya Setiawan di kelas 26-28 kg, serta Alya Putri Aninditya dan Al Qindi Cendikia Pinayungan di kelas 30-32 kg.  

"Tiga emas berikutnya diperoleh Nurin Najah di kelas 36-38 kg, Adelia Naifah di kelas 38-40 kg, dan Nabil Satria Pamungkas di kelas 45-48 kg," jelasnya.

Selanjutnya, 7 medali perak diraih oleh Alyaa Ghina Karimah dan M. Satrya Anismartadhi di kelas 18-20 kg, Nur Fadillah Luthfiana dan M. Rafa Azka Putra di kelas 22-24 kg, Ismail Torobi di kelas 38-40 kg, serta Fahmi Nur Ramadhan dan Amira Noor Ramadhani di kelas 26-28 kg.

Sedangkan 8 medali perunggu dipersembahkan oleh Aldi Putra Wibowo di kelas 28-30 kg, Itsna Nur Hanna Fauziyah di kelas 34-36 kg, Sandi Aptanta di kelas 36-39 kg, dan Akhdan Muhammad Azka di kelas 39-42 kg. 

"Selain itu Maghfirroh Jannah Putri Asih, Chandra Nur Aulia Wijaya, dan Fathan Dihya Tangguh di kelas 48-51 kg, serta Risky Cahya Ramadhani di kelas 65-70 kg," kata Budiono yang juga pelatih Bapor Silat RU IV itu.

Baca juga: Melihat lebih dekat Green Refinery Kilang Cilacap, peta jalan energi hijau berkelanjutan
Baca juga: Kilang Pertamina Internasional resmikan program Desa Energi Berdikari Kalijaran
Baca juga: BDI Kilang Cilacap kembali selenggarakan Pekan Kegiatan Maulid 1445 H

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024