Cilacap (ANTARA) - Badan Dakwah Islam (BDI) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali menyelenggarakan agenda rutin berupa Pekan Kegiatan Maulid 1445 H untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun kedua itu dibuka di Gedung Patra Graha, Cilacap, Sabtu (28/10), dilanjutkan denga sesi final 6 lomba-lomba islami yang terdiri atas Lomba Cerdas Cermat Islami, Literasi Maulid, Lomba Adzan, Tartil Al Quran, Story Telling, dan Festival Hadroh.

Ketua Panitia Pekan Kegiatan Maulid 1445 H Anton Wibowo mengatakan kegiatan ditujukan untuk menumbuhkan dan menjaga rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW. 

"Keseluruhan lomba bermuara pada mengupas dan mengulas sejarah Nabi Muhammad SAW. Melalui lomba-lomba ini secara langsung maupun tidak langsung, peserta harus membuka literasi dan referensi seputar sejarah Nabi," ujarnya.

Menurut dia, lomba-lomba diperuntukkan internal pekerja RU IV serta masyarakat meliputi pelajar dan kelompok umum dengan total peserta mencapai 500 orang. 

"Diawali audisi yang diikuti 500 peserta untuk mendapatkan finalis dari setiap lomba. Luar biasa antusiasmenya, bahkan untuk Festival Hadroh terbuka untuk eks-Keresidenan Banyumas," jelas Anton.

Baca juga: Kilang Cilacap lakukan sosialisasi jelang Major Emergency Drill

Saat memberi sambutan dalam pembukaan, General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengapresiasi antuasiasme tinggi pendaftar dan kerja keras seluruh panitia yang terlibat. 

"Kami tentu sangat mendukung kegiatan seperti ini. Terima kasih kepada pekerja yang terlibat sebagai panitia, semoga menjadi ladang amal kebaikan," ungkapnya.

Terlebih, kata dia, lomba-lomba yang diselenggarakan BDI relatif sudah jarang ditemukan di masyarakat. 

"Semoga kontribusi PT KPI RU IV dalam kegiatan ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin hebat di masa depan," kata Edy.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan piala dan penghargaan untuk tiga terbaik dari setiap kategori lomba. 

Salah seorang finalis lomba tartil dari SMP IT Buah Hati Boarding School Cilacap, M. Wafieq Abdulwafie mengharapkan kegiatan tersebut kembali digelar pada tahun 2024 dan mendapat kesempatan untuk mengikutinya kembali.

"Alhamdulillah, saya sangat bangga mengikuti kegiatan ini dan berhasil membawa pulang piala. Semoga tahun depan bisa diadakan lagi dan diberi kesempatan ikut memeriahkannya lagi," katanya.

Baca juga: Kilang Cilacap gelar Vendor Capability Assessment bersama HKMC sebagai persiapan TA 2024
Baca juga: Binaan Kilang Cilacap antusias ikuti Pameran TEI Pertamina 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024