Semarang (ANTARA) - Majalah internal Kementerian Perdagangan, Indonesia Trade Insight berhasil meraih penghargaan Bronze Winner Bidang Media Kategori E- Magazine pada ajang The 5th Anugerah Humas Indonesia (AHI) Award 2023.

Penyerahan penghargaan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Humas Indonesia berlangsung di Hotel Quest, Semarang, Jumat.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan M Rivai Abbas mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi pihaknya dalam memacu kinerja, khususnya terkait dengan pengelolaan media internal agar lebih baik.
Menurut dia, keterbukaan informasi publik bagi Kementerian Perdagangan sebuah keniscayaan.

“Penghargaan semacam ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan,” katanya.

Ia menyebut Humas Kemendag menempatkan komunikasi publik sebagai perhatian utama dalam setiap pengambilan kebijakan internal.
Informasi tentang kebijakan diolah dengan sangat baik agar bisa disampaikan kepada masyarakat luas dalam kesempatan pertama. 

“Humas Kemendag melaksanakan tugas kehumasan dengan mengembangkan strategi komunikasi publik yang baik dan terukur agar masyarakat mendapatkan informasi tentang kebijakan perdagangan secara lebih jelas dan tepat. Informasi disampaikan secara akurat dan berkelanjutan dalam berbagai bentuk seperti siaran pers, penerbitan media internal, media sosial, website, baik teks, gambar dan audiovisual,” ujarnya.

Dalam menjalankan komunikasi publik, lanjut Rivai Abbas, Humas Kemendag senantiasa menjalin sinergi dengan kementerian dan lembaga pemerintah lainnya serta bermitra dengan berbagai media nasional dan daerah.

“Sinergi dan kolaborasi menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi komunikasi publik Humas Kemendag sehingga kebijakan pemerintah dapat diterima masyarakat secara lebih utuh dan komprehensif,” katanya. 

Majalah INTRA dibuat dalam versi e-magazine untuk melayani keinginan masyarakat yang semakin terdigitalisasi sehingga dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Pembaca dapat mengunduh Majalah INTRA kapanpun melalui website Kemendag www.kemendag.go.id dan cukup menekan klik berbagai gambar dan artikel sehingga bisa terhubung dengan media sosial dan website pemerintah.

Dalam bentuk e-Magazine ini pembaca dapat membaca INTRA dalam format baca seperti membaca majalah cetak, mudah dibacanya dan interaktif sehingga masyarakatpun dapat memutar video yang terkait dengan topik bahasan di majalah ini.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024