Purwokerto (ANTARA) - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melatih warga mengolah daging ayam menjadi nuget sebagai bentuk komitmen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsoed untuk memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah dalam masyarakat. 

"Kegiatan PKM Berbasis Riset tersebut bertajuk 'Aplikasi Hidrokoloid Pada Pengolahan Pangan Berbasis Daging Ayam untuk Meningkatkan Kualitas Produk di Kelompok Wanita Tani Purbasari" dan kami laksanakan di Desa Purbadana, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas," kata anggota Tim PKM Unsoed Aldila Krisnaresanti, S.Pd., M.Pd. di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (1/10).

Menurut dia, Desa Purbadana merupakan salah satu sentra peternakan ayam pedaging di Kecamatan Kembaran yang mampu memproduksi karkas ayam berkisar 2 kuintal per hari dan umumnya hanya dijual dalam bentuk karkas untuk pedagang ayam eceran. 

Ia mengatakan pengolahan ayam hanya digoreng dan dijual di daerah sekitar, sehingga memiliki masa simpan pendek dan pemasarannya sangat terbatas.

Berdasarkan permasalahan tersebut, kata dia,  Prof Dr. Triana Setyawardani, S.Pt., M.P., IPU selaku Ketua Tim Pengabdi beserta anggota tim yang terdiri atas Ir. Juni Sumarmono, M.Sc. Ph.D., IPU, Dr. Ir. Agustinus Hantoro Djoko Raharjo, M.P, dan Aldila Krisnaresanti, S.Pd., M.Pd., melalui PKM Berbasis Riset memberikan solusi berupa kegiatan penyuluhan serta kegiatan praktik pengolahan daging ayam menjadi nuget dan sosis dengan aplikasi hidrokoloid pada proses pengolahannya. 

Baca juga: Tim PPK Ormawa Carya Bhuana Unsoed kenalkan sistem hidroponik DFT dan aquaponik

"Aplikasi hidrokoloid merupakan hasil riset tim pengabdian yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat luas. Penerapan hidrokoloid pada nuget dan sosis bertujuan untuk menghasilkan produk dengan tekstur yang halus dan lembut serta disukai oleh masyarakat," ungkapnya 

Menurut dia, kegiatan praktik pembuatan nuget dan sosis telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juni dan 11 Juli 2023 di rumah Ketua KWT Purbasari serta tanggal 24 Juli 2023 di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Unsoed

Aldila mengatakan hasil praktik pengolahan daging ayam berupa nuget dan sosis ayam selanjutnya diuji sensori oleh panelis semi terlatih dari mahasiswa Fakultas Peternakan yang terlibat pada program PKM. 

Dalam hal ini, kata dia, uji sensori digunakan untuk menilai hasil produksi kelompok. 

"Semoga dengan kegiatan PKM Berbasis Riset ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KWT Purbasari, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota KWT Purbasari," katanya. (Aldila Krisnaresanti)

Baca juga: Mahasiswa Unsoed manfaatkan limbah tempe jadi lilin aromaterapi atasi hipertensi
Baca juga: Mahasiswa Unsoed bikin detergen cair dari surfaktan biji ketapang-ekstrak daun pala
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024