Purwokerto (ANTARA) - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meluncurkan laman media dakwah berupa banyumasmu.com di Auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Minggu.

Peluncuran laman banyumasmu.com tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting termasuk Rektor UMP Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso dan Ketua PDM Banyumas M. Djohar, M.Pd. serta seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Banyumas.

Ketua MPI PDM Banyumas Irfan Fatkhurohman, M.Pd. mengatakan laman banyumasmu.com tersebut diinisiasi oleh MPI PDM Banyumas sebagai langkah strategis dalam menyebarkan pesan dakwah Muhammadiyah ke seluruh penjuru dunia digital. 

Dalam hal ini, kata dia, laman tersebut ditujukan untuk memperluas jangkauan pesan-pesan Muhammadiyah dan memanfaatkan kekuatan era digital dalam mencapai audiens yang lebih luas. 

"Banyumasmu.com menjadi salah satu media dakwah di era digital. Jejak digital yang baik adalah merupakan ciri organisasi berkemajuan," kata dia yang juga Kepala Biro Humas dan Promosi UMP.

Menurut dia, laman tersebut akan menyajikan berita-berita terkini seputar aktivitas Muhammadiyah Banyumas, serta menyediakan platform untuk berbagai kegiatan dakwah dan sosial yang dilakukan oleh organisasi tersebut, sehingga diharapkan akan memberikan informasi yang berharga kepada masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Baca juga: Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah se-Banyumas resmi dilantik

Ketua PDM Banyumas M. Djohar, M.Pd. mengatakan peluncuran banyumasmu.com merupakan langkah penting dalam menghadapi tantangan zaman, di mana media sosial dan platform digital memegang peranan besar dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi. 

Dengan adanya laman tersebut, kata dia, Muhammadiyah Banyumas berharap dapat tetap relevan dan dapat diakses oleh generasi muda yang semakin terkoneksi dengan dunia digital.

"Website (laman, red.) banyumasmu.com sudah dapat diakses oleh masyarakat umum dan diharapkan akan menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi semua yang ingin mengenal lebih dekat tentang Muhammadiyah Banyumas dan pesan-pesan dakwah yang mereka usung,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMP Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso menekankan pentingnya langkah tersebut dalam menghadapi era digital yang semakin berkembang. 

"Peluncuran banyumasmu.com adalah bukti konkret bahwa Muhammadiyah Banyumas dan UMP memiliki komitmen yang kuat untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung dakwah dan pendidikan di wilayah Banyumas," jelas Wakil Ketua PDM Banyumas yang membidangi MPI itu.

Ia juga menyoroti betapa pentingnya media digital sebagai alat untuk mencapai generasi muda yang lebih terkoneksi dengan dunia online atau daring. 

"Generasi muda kita saat ini sangat aktif di internet, dan banyumasmu.com akan menjadi saluran yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan Muhammadiyah kepada mereka. Ini adalah langkah maju yang sangat positif," ujarnya.

Rektor UMP juga memberikan apresiasi atas inisiatif mereka dalam meluncurkan laman tersebut. "PDM Bidang MPI berperan penting dalam menjaga kelancaran dan kualitas informasi yang disampaikan melalui banyumasmu.com. Mereka adalah garda terdepan dalam menyediakan konten yang bermutu dan relevan," ungkapnya.

Dengan kolaborasi antara Muhammadiyah Banyumas, UMP, PDM, PDA Bidang MPI, diharapkan banyumasmu.com akan menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan dan membantu dalam menyebarkan pesan dakwah Muhammadiyah Banyumas kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda yang semakin terhubung dengan dunia digital.(tgr)

Baca juga: Lima mahasiswa internasional turut diwisuda di UMP
Baca juga: Empat mahasiswa Hukum UMP ikuti forum internasional "ASEAN Classroom"

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024