Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak lima mahasiswa internasional turut diwisuda dalam Wisuda Ke-72 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lima mahasiswa internasional yang mengikuti wisuda di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu, terdiri atas Ashraf Mohamed Ahmed Almagbool, M.M. dari Sudan, Baligh Belal Yahya Mohammed Al-Hajj, M.M. dari Yaman, dan McDonald Baluti, M.M. dari Malawi yang merupakan lulusan Magister Manajemen UMP, Mohammad Khalid Hassan, S.Pd. dari Bangladesh yang merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris, serta Walid Songsiri, S.Pd. dari Thailand yang merupakan lulusan Pendidikan Agama Islam. 

Dalam sambutannya, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan Wisuda Ke-72 itu diikuti 1.804 wisudawan, lima di antaranya merupakan mahasiswa internasional.

"Alhamdulillah tahun ini kita mewisuda tiga kali dan wisuda ini yang terbanyak dalam sejarah yang sudah kita lalui. Insyaallah nanti akan ada wisuda yang lebih banyak dan lebih banyak lagi," jelasnya.

Menurut dia, mahasiswa baru UMP tahun 2023 juga mengalami peningkatan di tengah-tengah perguruan tinggi negeri yang makin banyak menerima mahasiswa, perguruan tinggi swasta juga semakin mengalami penurunan.

Ia mengatakan jumlah mahasiswa baru di UMP pada tahun akademik 2023-2024 sebanyak 4.400 orang untuk jalur reguler ditambah dengan kelas profesi menjadi 5.150 orang.

Baca juga: Empat mahasiswa Hukum UMP ikuti forum internasional "ASEAN Classroom"

"Alhamdulillah, ini saya kira berkat kerja keras teman-teman, para pimpinan yang hadir pada kesempatan kali ini, segenap dosen, pegawai UMP, dan yang tidak lupa adalah prestasi dari mahasiswa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rektor mengharapkan para wisudawan yang telah diwisuda dapat berkiprah di masyarakat.

Menurut dia, pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf orang tua atau wali wisudawan atas keinginan ingin memberikan kesenangan dan kebahagiaan kepada para putra-putrinya.

"Maka putra-putri ibu, bapak, yang menjadi peserta wisuda kami taruh di ruang auditorium dan kami percaya, kerelaan ibu-bapak sekalian menyaksikan acara ini di luar gedung auditorium," katanya.
Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Prof Dr Jebul Suroso (tengah) berfoto bersama empat mahasiswa internasional usai Wisuda Ke-72 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Kabupaten Banyumas, Sabtu (23/9/2023). ANTARA/HO-UMP
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Assoc Prof Dr Ir Aman Suyadi MP mengatakan Wisuda Ke-72 tersebut merupakan Wisuda Ke-59 setelah alih bentuk dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 1995. 

“Kami laporkan bahwa jumlah mahasiswa yang berhasil lulus sebanyak 1.804. Terdiri atas Program Magister (S2) sebanyak 150 orang, Program Sarjana (S1) sebanyak 1.500 orang, Program Diploma Empat (D4) sebanyak 87 orang, dan Program Diploma Tiga (D-3) sebanyak 67 orang,” jelasnya. 

Menurut dia, jumlah Magister, Sarjana, Diploma, dan Profesi yang telah dihasilkan oleh UMP sampai saat ini sebanyak 45.740 alumni, dengan rincian Magister 885 orang, Sarjana 33.906 orang, Diploma Empat 322 orang, Diploma Tiga 3.405 orang, Diploma Dua 1.553 orang, Akta Mengajar 1.332 orang, Profesi Apoteker 2.708 orang, Profesi Ners 1.420 orang, Profesi Bidan 15 orang, dan Profesi Dokter 194 orang.

Baca juga: Pemkab Belitung berikan beasiswa penuh di Kedokteran UMP

"Untuk terbaik Program Magister, yakni pertama Esqi Noor Lisa, M.Pd. dari Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,98. Terbaik kedua, yakni Prihatin Widiyanto, M.M. dari Program studi Magister Manajemen dengan IPK 3,96, dan terbaik ketiga, yakni Titik Kusumawinakhyu, M.Pd. dari Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,96," jelasnya. 

Ia mengatakan wisudawan terbaik Program Sarjana yang pertama, yaitu Nurul Azizah, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan IPK 3,93, terbaik kedua Almira Dea Fattarizka, S.Tr.Kes. dari Program Studi Teknologi Radiologi Pencitraan D-4 dengan IPK 3,93, dan terbaik ketiga Safriana Salsabilla, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan IPK 3,91.

Sementara untuk lulusan terbaik Program Diploma, kata dia, terbaik pertama Erina Yumiatun, A.Md.Ak. dari Program Studi Akuntansi D-3 dengan IPK 3,90, terbaik kedua Fitri Widiastuti, A.Md.Ak. dari Program Studi Akuntansi D-3 IPK dengan 3,81, dan terbaik ketiga Titis Wisnu Linggar, A.Md.Ak. dari Program Studi Akuntansi D-3 dengan IPK 3,75. 

Selain penghargaan kepada lulusan terbaik dengan prestrasi akademik, lanjut dia, UMP juga memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik di bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor tentang Pemberian Penghargaan kepada Lulusan Terbaik Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 

Dalam hal ini, terbaik pertama yaitu Yogi Ikhlas Saputro, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Agama Islam, terbaik kedua Nur Cholifatun Nisa, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Biologi, dan terbaik ketiga Nabila Salma Kirana, S.Kom. dari Program Studi Teknik Informatika.

Baca juga: PDM Banyumas adakan silaturahmi bersejarah dengan Bupati Banyumas
Baca juga: FIKes UMP gelar PKKMB Prodi Ilmu Keperawatan S1 Program RPL

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024