Semarang (ANTARA) - Wasir atau hemoroid merupakan kondisi medis yang umum terjadi pada banyak orang di seluruh dunia yang ditandai dengan pembengkakan dan peradangan di sekitar anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan.

Benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan.

Wasir internal bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat buang air besar (BAB) dan gejala tersebut biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar.

“Biasanya yang sering datang (ke rumah sakit, red.) yang sudah besar dan berdarah, padahal kalau penyakit di atasi sejak awal (kecil) akan lebih bagus” kata dr. Alice Sutedjo Lisa, M.K.M selaku Direktur utama RS. Telogorejo.

Banyak penderita wasir yang sering mengabaikan bahayanya. Wasir yang tidak diobati dengan cepat dapat membesar dan bahkan pecah.

Upaya yang bisa dilakukan dengan cara laser atau tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid, dengan prinsip energi laser akan dialirkan untuk mengempiskan hemoroid dengan rasa nyeri minimal, durasi tindakan lebih cepat kurang dari 20 menit dan proses penyembuhan cepat, sehingga tidak perlu rawat inap.

Selain laser, di Vena Wasir Center cabang Rumah Sakit Telogorejo juga memiliki teknologi Radiofrekuensi yang mengatasi wasir hingga tuntas dengan efektivitas terapi mencapai hingga 90 persen tanpa luka bakar, sehingga tidak menimbulkan rasa panas di sekitar anus.

"Keunggulan lain dari metode ini adalah wasir kering hingga ke pangkal dan pasien dapat langsung beraktivitas setelah tindakan," Manager Marketing Vena Wasir Center Muhammad Ali Maksum.

Dengan menggunakan metode terbaru tersebut, lanjutnya, pasien tidak perlu lagi melakukan operasi bedah terbuka maupun konvensional dengan masa penyembuhan yang lebih lama. Metode modern ini lebih minim sayatan, luka sedikit, dan bisa langsung beraktivitas.

Abdurrahman selaku Direktur Bisnis dan Operasional PT. Rumah Wasir Andalan menjelaskan Vena Wasir Center sudah ada di beberapa kota di Indonesia dan Semarang jadi cabang yang ke 20.

Dalam rangka Grand Opening Vena Wasir Center cabang Rumah Sakit Telogorejo, ada potongan harga sebesar 10 persen untuk metode tindakan Flash Optical Laser, Radiofrekuensi dan PILA berlaku pada tanggal 14 sampai dengan 28 September 2023.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024