Semarang (ANTARA) - Minyak ikan yang berasal dari saripati berbagai jenis ikan kaya asam lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) penting untuk kebutuhan pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak, serta menambah nafsu makan anak.

Asam lemak omega-3 adalah kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang penting bagi kesehatan manusia dan tubuh manusia tidak menghasilkan banyak secara sendiri.

Minyak ikan sendiri merupakan bagian dari nutrisi esensial selain protein, DHA, probiotik, vitamin, dan mineral yang memiliki peran penting bagi anak-anak, terutama bagi mereka yang menghadapi masalah seperti hilangnya nafsu makan, keengganan menyantap makanan secara utuh, pola makan yang monoton, atau hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Nutrisi yang cukup dan seimbang memainkan peran krusial dalam membantu fungsi otak, mengoptimalkan tingkat energi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang baik memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap berbagai penyakit dan juga memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik dalam belajar.

“Sejak anak lahir sampai usia dua tahun, otak mulai tumbuh, tetapi berkembang sepenuhnya selama masa kanak-kanak dan remaja. Selama periode ini, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, khususnya DHA, sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan optimalkan performa belajar anak," kata dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals.

Dalam kesempatan terpisah Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH menegaskan aspek tumbuh kembang si kecil selalu harus diperhatikan serius seperti pertumbuhan dan perkembangan fisik berupa perubahan jumlah sel dan ukuran besar organ, mulai dari tingkat sel hingga terbentuk organ yang lengkap.

Kemudian perkembangan, yaitu maturasi dan fungsi tubuh, seperti perkembangan fungsi intelektual yang bisa dilihat dari kemampuan anak secara simbolik maupun abstrak, seperti berbicara, bermain, berhitung, membaca, dan lainnya.

Ia menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan emosional sang buah hati dapat diamati dari perilaku sosial di lingkungannya dan untuk tumbuh kembang yang baik, kesehatan anak harus baik dan ditunjang dengan nutrisi, stimulasi, dan lingkungan yang baik pula.

"Sebagian orang tua belum memahami dimensi tumbuh kembang anak dan menganggap selama mereka tidak sakit, maka tidak mengalami masalah kesehatan termasuk tumbuh kembang," katanya.

dr. Bernie juga mengatakan kegagalan pertumbuhan dan perkembangan di masa balita dapat berpengaruh pada kehidupannya di masa dewasa. Perkembangan seorang anak dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah status gizi. Status gizi dipengaruhi kebiasaan makan. Kebiasaan makan yang sehat pada anak penting untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan dan masalah gizi akut pada anak yang akan mempengaruhi perkembangan anak.

dr. Muliaman menambahkan meskipun minyak ikan memang esensial, tetapi sebaiknya pola makan anak juga dilengkapi dengan zat gizi lainnya, sehingga manfaat minyak ikan bisa diserap maksimal oleh tubuh dan manfaatnya bisa optimal untuk tumbuh kembang anak.

Menyadari manfaat minyak ikan pada tumbuh kembang si kecil, katanya, PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) berkomitmen membantu orang tua dalam memberikan nutrisi terbaik bagi anak dan memanfaatkan minyak ikan sebagai kandungan utama produk nutrisi terbarunya, Morinaga Morigro melalui formula yang disebut Gromax.

Ia menyebutkan formula Gromax yang diperkaya minyak ikan, Probiotik BB536 dan serat FOS, serta tinggi kalsium membuat Morinaga Morigro mampu membantu mengoptimalkan status nutrisi, sehingga anak akan makan lahap dan tumbuh maksimal.

"Kandungan minyak ikan pada formula Gromax dengan segala kelebihannya membantu anak mencapai berat dan tinggi badan ideal, serta berfungsi sebagai booster nafsu makan, karena fungsi pencernaannya berjalan dengan sehat. Probiotik Bifidobakterium BB536 dan Prebiotik serat FOS juga berguna untuk memperkuat imunitasnya," katanya.

Selain itu ada kandungan vitamin A, C, E, dan Zinc, serta kandungan protein, kalsium, Vitamin D, 14 vitamin dan 9 mineral serta lebih rendah gula untuk mendukung si kecil tumbuh kembang optimal dan mampu menghadapi tantangan dari lingkungan dalam masa pertumbuhannya.

Junita, Business Unit Head Morinaga Gum, Kalbe Nutritionals mengafirmasi peran orang tua, pengasuh, atau warga masyarakat yang memiliki tanggung jawab menjaga dan mendukung si kecil agar tumbuh dengan sehat dan berkembang secara optimal.

“Morinaga Morigro adalah hasil penelitian dan pengembangan cermat serta komitmen untuk mendukung tumbuh kembang anak dalam mencapai potensi penuh mereka. Kita semua ingin anak-anak Indonesia tumbuh kuat, cerdas, dan bahagia, sehingga memiliki masa depan cerah dan sukses. Untuk mencapainya makanan bergizi menjadi salah satu kuncinya,” tutup Junita.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024