Kudus (ANTARA) - Tim sepak bola putri dari SD Negeri 2 Rendeng Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali menjadi jawara pada turnamen sepak bola putri U-12 2023 yang diikuti 106 SD dan MI dari Kudus, Pati, Rembang, dan Jepara, setelah turnamen serupa bulan Juni 2023 juga menjadi juara.

SD Negeri 2 Rendeng memastikan diri sebagai juara turnamen sepak bola putri U-12 setelah menang di final melawan MI NU Baitul Mukminin dengan skor 3-1 di Stadion Supersoccer Arena Rendeng Kudus, Minggu (3/9/2023). Sedangkan di kelompok U-10 keluar sebagai juara merupakan pendatang baru, yakni SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara setelah di final menang 4-2 atas tim sepakbola putri SD IT Al Islam Kudus. 

Ngadisan, pelatih sekaligus guru olahraga SD Negeri 2 Rendeng di Kudus, Minggu, mengakui anak asuhnya memang dipersiapkan lebih awal agar bisa kembali mempertahankan gelar juara U-12.

"Jika turnamen sebelumnya kami hanya menggelar latihan tiga kali sepekan, maka untuk turnamen kali ini ditingkatkan menjadi empat kali sepekan," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, peserta lebih banyak dan ada yang berasal dari Kabupaten Jepara, Pati, dan Rembang, sehingga persaingannya tentu lebih ketat.

Ia mengakui beruntung karena di tim SD 2 Rendeng ada satu pemain yang memang biasa latihan sepak bola, yakni Asyifa Sholawa Farizqi. Bahkan, berhasil menjadi top skor dengan koleksi 39 gol selama turnamen.

Kunci keberhasilan meraih juara selain kekompakan tim, kata dia, juga kemampuan pemain dalam mengalirkan bola dari kaki satu pemain ke kaki pemain lain.

Sementara itu, Pelatih Sepak Bola Putri SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara Nur Hadi mengaku senang anak asuhnya bisa juara turnamen sepak bola U-10 putri 2023.

"Sejak awal, kami memang tidak memasang target juara karena yang mengenal sepak bola baru dua anak, selebihnya baru mengenal setelah hendak mengikuti turnamen," ujarnya.

Bahkan, kata dia, anak asuhnya hanya menjalani persiapan selama tiga pekan, sehingga anak-anak hanya dimotivasi untuk bermain dengan penuh kegembiraan sesuai anjuran Timo Scheunemann, pelatih berlisensi UEFA A yang sebelumnya memberikan pembimbingan singkat.

Top skor untuk pemain U-10, yakni Alesha Farzana Aznii Putri Aji dari SD IT Al Islam dengan skor 34 gol. Sedangkan posisi runner up untuk U-10 ditempati SD IT Al Islam Kudus, sedangkan U-12 MI NU Baitul Mukminin. 

Dalam Kompetisi sepak bola putri yang digelar Djarum Foundation dan Milklife bulan ini, diikuti 175 tim dari 106 madrasah ibtidaiyah (MI) dan sekolah dasar (SD) di Keresidenan Pati, Jawa Tengah. Sedangkan kompetisi berlangsung sejak 28 Agustus hingga 3 September 2023 di Stadion Supersoccer Arena Kudus. ***3***

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024