Cilacap (ANTARA) - Berbagai kegiatan mewarnai penutupan rangkaian HUT Ke-78 RI di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, mulai dari Merdeka Run, Fun Walk, hingga lomba-lomba kemerdekaan diselenggarakan di lapangan Benzene Stadium, kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, Cilacap, Sabtu (26/8).

Mengusung semangat HUT RI, Merdeka Run yang dimotori komunitas pelari internal RU IV "Pertar4n" mengawali penutupan dengan berlari keliling kota. 

Selaras dengan tanggal penting kemerdekaan, Merdeka Run menempuh rute 17 kilometer dan 8 kilometer, simbol tanggal dan bulan kemerdekaan RI, sedangkan tahun 1945 diwujudkan dengan Fun Walk di kompleks Perumahan Gunung Simping sejauh 4,5 kilometer. 

General Manager PT KPI RU IV Edy Januari Utama memimpin langsung Merdeka Run 17 kilometer dengan rute Lapangan Benzene Gunung Simping-Jalan Juanda-Jalan MT Haryono Relokasi-Komperta Donan-Donan Hall Apartemen-Jalan Rinjani-Komperta Gunung Simping. 

Dari titik tersebut, rombongan menjemput pelari 8 kilometer dan bersama-sama melanjutkan ke Jalan Juanda-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Setiabudi-Komperta Tegalkamulyan=Lapangan Panahan-Jalan Setiabudi-Jalan Rajiman-Jalan Bali-Jalan Juanda dan berakhir di Lapangan Benzene.

Dalam laporannya, Ketua Panitia HUT RI PT KPI RU IV Agus Rahmat Jamal mengatakan total ada 16 cabang olahraga dalam rangkaian HUT Ke-78 RI yang dimulai sejak 1 Agustus 2023. 

Baca juga: Kilang Cilacap berikan pengobatan gratis untuk warga di wilayah terpencil

"Kami mengapresiasi antusiasme peserta seluruh kegiatan mencapai 789 orang. Ini menjadi modal untuk bisa menyelenggarakan dengan lebih semarak lagi di tahun-tahun mendatang," jelasnya.

Ia mengatakan yang patut diapresiasi di tengah kesibukan kegiatan internal, para perwira PT KPI RU IV juga terlibat di lomba-lomba HUT RI yang diselenggarakan pihak eksternal dan membawa pulang predikat juara. 

"Antara lain juara 1 Turnamen Sepakbola Danlanud Cup 2023 Purbalingga, juara 1 Voli Antarinstansi Cilacap, juara 3 Voli Kapolresta Cilacap Cup, juara 2 Kejuaraan Bulutangkis Antarinstansi Cilacap, dan juara 3 Kejuaraan Tenis Lapangan Antarinstansi Cilacap. Luar biasa semangat para perwira," tegas Agus.

Sementara itu, GM Edy mengatakan serangkaian kegiatan di internal perusahaan, selain memeriahkan HUT RI juga sebagai sarana menjaga kebugaran fisik para perwira agar tetap prima. 

"Ini penting, karena kita mengelola kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia. Fisik yang terjaga performanya berbanding lurus dengan produktivitas dan kinerja perusahaan. Terima kasih untuk antusiasmenya," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga digelar berbagai lomba yang melibatkan tim manajemen, para perwira, dan keluarga seperti lomba gantung caping, makan kerupuk, memasukkan bola, dan lain-lain. Dimeriahkan pula dengan atraksi Bapor Silat RU IV serta panggung musik yang menampilkan Avturistik, solo vokal Sandra, dan Simfoni Band.

Baca juga: Pegiat mangrove binaan Kilang Cilacap raih dua penghargaan penyuluh kehutanan
Baca juga: Pekerja Kilang Cilacap gelar apel di hadapan bendera berukuran besar

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024