Semarang (ANTARA) - SMK Negeri 5 Surakarta keluar sebagai juara umum dalam Gerakan Aksi Paskibra (GAP) 7 yang diselenggarakan Bidang Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra USM di Gelora Prof Sudarto USM yang berakhir pada 30 Juli 2023.

SMK Negeri 5 Surakarta menjadi yang terbaik setelah meraih dua medali emas dari kategori Utama dan Best Coach serta kategori Kostum.

Ketua Pelaksana Anisa Tunggal mengatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk memperkenalkan USM sekaligus melihat perkembangan paskibra dari tahun ke tahun.

“Tujuan kegiatan ini mengenalkan USM kepada masyarakat, khususnya kepada para siswa SMA/SMK/sederajat se-Jawa. Selain itu kami ingin melihat perkembangan paskibra dari tahun ke tahun karena peraturannya selalu berubah setiap tahun,'' katanya.

Kegiatan mengusung tema “Gana Gajendra Adarma Arindama”, yang artinya Pasukan Perkasa yang Berjuang untuk Membawa Kemenangan. Kegiatan diikuti 32 tim dan dimeriahkan oleh Bogie D’Koplo Indosiar pada Closing Ceremony GAP 7.

''Kegiatan cukup meriah dan sukses. Sebanyak 5.000 tiket telah habis terjual baik secara presale order maupun on the spot,'' ujarnya.

Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengungkapkan, kegiatan ini mendapat respons cukup baik dari para peserta. Hal ini akan menjadikan USM terdepan dalam membangun prestasi mahasiswa dan prestasi di tingkat SMA di seluruh Indonesia.

“Hari ini membuktikan bahwa USM luar biasa bahwa kita menyelenggarakan ajang kejuaraan paskibra yang tentunya kegiatan tidak hanya untuk memperingati Dies Natalis Ke-36 USM, tetapi kita mengobarkan semangat anak muda bahwa Republik ini hadir karena mereka. Kegiatan ini juga merupakan kontribusi dari USM. Kami optimistis dengan respons yang cukup baik ini menjadikan USM terdepan dalam membangun prestasi,'' ungkapnya.

Junaidi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini tidak hanya diikuti peserta dari Jawa Tengah, tapi juga dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Kegiatan ini levelnya sudah jelas nasional, tahun depan nanti kita akan kerja samakan dengan Kementerian terkait karena event ini tidak dimiliki oleh kampus lain di Jateng. Kami berharap, ke depan sekolah pada level SLTA dapat ikut serta karena event seperti ini dapat menjadi bagian terpenting untuk membangun prestasi siswa yang dapat dikembangkan di USM yang saat ini masih menerima mahasiswa baru,'' ucapnya.

“Silakan bergabung dengan USM karena kami juga mendidik para mahasiswa baru untuk berkembang yang tidak hanya di bidang olahraga namun juga kegiatan akademik. Prestasi olahraga USM luar biasa dan prestasi akademiknya juga sangat luar biasa,'' tambah Junaidi.

Berikut daftar juara pada setiap kategori :
Kategori Suporter :
Juara 1 : SMK Negeri 7 Semarang
Juara 2 : SMA Negeri 2 Ungaran
Juara 3 : SMK Negeri 4 Semarang

Kategori Medsos :
Juara 1 : SMA Negeri 1 Wonosegoro
Juara 2 : SMA Negeri 6 Semarang
Juara 3 : SMA Negeri 1 Karanganyar

Kategori Terfavorit :
Juara 1 : SMK Negeri 1 Sayung
Juara 2 : SMA Negeri 10 Semarang
Juara 3 : SMK Negeri 7 Semarang

Kategori Kostum :
Juara 1 : SMK Negeri 5 Surakarta
Juara 2 : SMK Negeri 11 Semarang
Juara 3 : SMK Negeri 2 Purwodadi
Juara Harapan 1 : SMK Negeri 12 Surabaya Tim B
Juara Harapan 2 : SMK Negeri 7 Semarang
Juara Harapan 3 : SMA Negeri 1 Purwokerto

Kategori Best Make Up : SMK Negeri 11 Semarang

Kategori Juara Harapan
Juara 1 : SMA Negei 1 Ungaran
Juara 2 : SMA Negeri 1 Wonosegoro
Juara 3 : SMK Negeri 2 Salatiga

Kategori Juara Utama dan Best Coach
Juara 1 : SMK Negeri 5 Surakarta
Juara 2 : SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal
Juara 3 : SMK Negeri 2 Purwodadi


Juara Umum : SMK Negeri 5 Surakarta



 

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024