Cilacap (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 di Desa Kedungbenda, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, telah selesai yang ditandai dengan upacara penutupan di halaman SMP Negeri 3 Nusawungu, Kamis (8/6).

Penutupan dihadiri Pelaksana Tugas Asisten Pemerintah Sekretaris Daerah Cilacap Budi Santosa mewakili Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, pejabat Forkopimda Cilacap, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, BUMD, dan BUMN termasuk dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap yang diwakilkan Officer CSR and SMEPP Aditya Anung Dwi Nugraha.

Dandim 0703/Cilacap Letkol (Inf) Andi Afandi mengatakan TMMD menjadi bukti kuatnya sinergi berbagai pihak mulai pemerintah dan aparat, BUMN, maupun elemen masyarakat. 

"Ada kolaborasi dan sinergi yang kuat. Terlihat sejak pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan, inilah budaya asli bangsa kita," tegasnya. 

TMMD dilaksanakan sejak 10 Mei hingga 8 Juni 2023 dengan melibatkan 36 personel TNI Angkatan Darat, 2 personel TNI Angkatan Laut, 2 personel Polri, 5 orang dari unsur pemerintah daerah, 10 orang dari OPD, dan 10 orang linmas melalui pengerahan masyarakat rata-rata per hari 50 orang.

Sasaran fisik yang dilaksanakan, antara lain pembangunan talut jalan, gorong-gorong, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH), sedangkan nonfisik di antaranya pembuatan akta kelahiran dan kematian, pelatihan pengemasan dan pemasaran secara daring, pelayanan kesehatan, sosialisasi dan pendampingan pelayanan perizinan, pelatihan dan bantuan peralatan tata boga, serta edukasi hidup sehat tanpa narkoba.

Baca juga: Serikat Pekerja Pertamina Cilacap gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah se-Jawa

TMMD dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Cilacap sebesar Rp578 juta. Kegiatan TMMD diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat seperti melancarkan arus transportasi, meningkatkan taraf hidup, meningkatkan kesadaran masyarakat berperan aktif dalam pembangunan, dan meningkatkan ketertiban serta keamanan.

Plt. Asisten Pemerintahan Sekda Cilacap Budi Santosa mengharapkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat bisa dijaga demi persatuan dan kesatuan sebagai modal membangun Cilacap yang lebih baik. 

"Mari dukung terus upaya-upaya itu untuk membangun Cilacap yang lebih baik ke depan bersama semua elemen masyarakat," katanya.

Pada kesempatan tersebut, PT KPI RU IV Cilacap menyerahkan bantuan 1 unit personal computer (PC) dan 1 unit printer kepada pemerintah desa setempat. 

"PT KPI RU IV ada di Cilacap menjadi bagian dari masyarakat. Kolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya, menjadi bukti kehadiran kami memberikan manfaat dan berkontribusi menuntaskan persoalan yang dihadapi masyarakat," kata Area Manager Commrel and CSR PT KPI RU IV Cecep Supriyatna

Baca juga: Kilang Cilacap-Perumdam Tirta Wijaya sepakati amandemen kerja sama
Baca juga: Puncak HLH ke-51, Kilang Cilacap kerahkan 2.000 orang ikuti "Coastal Clean Up"

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024