Sukoharjo (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo, Jawa Tengah, melakukan cek jalur dan menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat pelaksanaan fungsional Jalan Tol Surakarta-Yogyakarta untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023.

"Kami bersama dengan Dinas Perhubungan Sukoharjo akan melakukan rekayasa bagaimana pada saat pelaksanaan fungsional arus mudik maupun balik di Jalan Tol dari Surakarta-Yogyakarta," kata Kepala Satlantas Polres Sukoharjo AKP Sofia Wuriana saat memeriksa Jalan Tol Sanggung, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin.

Dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2023, rencananya di simpang Sanggung Kartasura dari arah Tol Colomadu Surakarta ke Yogyakarta akan difungsikan menjelang Lebaran.

Jalan tol ke arah Yogyakarta tersebut, kata Sofia, merupakan jalur fungsional baru. Sehingga, dia mengimbau para pemudik yang memanfaatkan jalan tol baru itu untuk lebih berhati-hati karena jalannya masih berdebu dan jika turun hujan akan menjadi licin.

"Saya harapkan masyarakat yang melalui jalan tol ke arah Yogyakarta harus berhati-hati, jalan berdebu, dan jika hujan bisa licin," jelasnya.

Jalan Tol Surakarta-Yogyakarta itu rencana akan difungsikan mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sehingga, jalan tol pada malam hari tidak difungsikan. Pengoperasian jalan tol tersebut bertujuan untuk mengurai arus kepadatan lalu lintas di pertigaan Kartasura, Sukoharjo, yang sering terjadi kepadatan baik dari arah barat Boyolali maupun Surakarta.

"Jika Kartasura terjadi kepadatan lalu lintas atau kemacetan, maka salah satunya dengan mengalihkan arus ke arah jalan tol Yogyakarta," katanya.

Kendaraan dari arah tol Colomadu, Karanganyar, diarahkan ke Sanggung, kemudian ke arah Yogyakarta. Pihaknya juga akan mendirikan Pos Keamanan di Sanggung untuk memantau arus lalu lintas di kawasan itu.

"Pospam pintu tol Sanggung itu dijaga petugas dari Polres Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten dalam memantau arus lalu lintas saat pelaksanaan fungsional jalan tol," ujarnya.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024