Semarang (ANTARA) - "Disiplin adalah jembatan antara tujuan dan prestasi", kata Jim Rohn. Sejalan dengan ungkapan tersebut, kedisiplinan merupakan salah satu karakter penting yang harus dimiliki termasuk oleh penerus bangsa, salah satunya para siswa SD Negeri Sarwadadi 03, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap.

Setiap siswa seyogyanya mengikuti aturan kedisiplinan sekolah untuk menciptakan karakter disiplin dalam diri dan menjadi kebiasaan sehari-hari baik dalam kehidupan di sekolah maupun kehidupan bermasyarakat.

Kenyataannya, pascapandemi COVID-19 beberapa siswa menunjukkan penurunan kedisiplinan yang berdampak terhadap kesengajaan siswa untuk datang terlambat, menunda masuk kelas saat bel berbunyi dan tidak mengerjakan tugas dari guru pada kegiatan pembelajaran.

Hal tersebut mendasari SD Negeri Sarwadadi 03 menguatkan kembali karakter siswa melalui program pembiasaan kedisiplinan langsung oleh satuan Danramil 09/Kawunganten unit kerja Komando Rayon Militer Kecamatan Kawunganten pada Program TNI Goes to School.

Baca juga: Manajemen Orkestrasi, Adaptasi pelayanan pendidikan

Pelaksanaan Program TNI Goes to School ditujukan untuk siswa kelas 3, 4, 5, dan 6 SD Negeri Sarwadadi 03 untuk menguatkan karakter kedisiplinan siswa. Program tersebut dilakukan pada Senin sampai Kamis selama 30 menit dari pukul 07.00 sampai dengan 07.30 WIB.

Melalui program tersebut, siswa dilatih bagaimana mengikuti pembelajaran dengan sikap dan gerakan yang tertib sebelum mengikuti pembelajaran di kelas, menyanyikan mars penuh semangat, serta menjelaskan pentingnya karakter disiplin dalam diri siswa.

Selama program berlangsung siswa sangat bersemangat dan penuh percaya diri mengikuti setiap instruksi dari Danramil 09/Kawunganten Kapten Chb Sutarman.

Kedisiplinan dalam program tersebut menjadi wadah untuk pembelajaran siswa dalam menekankan perilaku disiplin pada setiap aspek kehidupan. Siswa juga berlatih tentang bagaimana disiplin menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sekolah dan bermasyarakat, tercermin dari setiap gerakan, dan mars yang disuarakan dengan penuh keyakinan oleh setiap siswa.

Baca juga: Tingkatkan karakter siswa dengan P5

Kehadiran Program TNI Goes to School  di SD Negeri Sarwadadi 03 menjadi wujud untuk menguatkan karakter disiplin siswa sebagai Profil Pelajar Pancasila.

Pembiasaan kedisiplinan yang telah diajarkan tersebut diharapkan bisa tertanam dalam diri siswa serta dapat menciptakan generasi yang unggul dan berkarakter.

Sekolah juga berharap program tersebut mampu meningkatkan kembali karakter disiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dan melekat pada diri siswa, sehingga mampu berkontribusi dalam masyarakat dan negara.

Baca juga: Belajar dari Oky, anak inklusif pembawa inspirasi

*Penulis:  Lailatul Qodriyah
Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation
Kepala SD Negeri Sarwadadi 03 Kec. Kawunganten Kab. Cilacap


Pewarta : Lailatul Qodriyah*/Nur Istibsaroh
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024