Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 yang ditandai dengan Shalat Dhuha berjamaah. 

Acara yang dilanjutkan dengan pengajian dengan penceramah Drs. K.H. Achmad Kifni serta dihadiri dosen dan karyawan UMP itu digelar di Masjid At-Tajdid, Kampus II UMP, Sokaraja, Banyumas, Jumat (21/10)

"Selamat datang di Masjid At-Tajdid. Mudah-mudahan masjid ini akan menjadi tanda peradaban dan pemikiran Islam semakin berkemajuan. Oleh karena itu, marilah kita bergembira," kata Rektor UMP Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, ia berharap dari masjid tersebut banyak inovasi yang lahir, mulai dari pengembangan cabang dan ranting, pengembangan pemikiran Islam, serta riset-riset keislaman dan Kemuhammadiyahan yang menandakan bahwa islam itu rahmatan lil’alamin. 

Terkait penerimaan mahasiswa baru, Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP Dr. Yudha Febrianta, M.Or mengatakan penerimaan mahasiswa baru gelombang pertama dimulai Oktober 2022 hingga Maret 2023, gelombang kedua pada April hingga Juni 2023, dan gelombang ketiga Juli hingga Agustus 2023.

Baca juga: Go Internasional, mahasiswa UMP bisa kuliah di Prancis

Ia mengatakan untuk pendaftaran pada 1 Oktober 2022 hingga 31 Maret 2023 banyak fasilitas yang bisa diperoleh melalui jalur minat, prestasi, dan organisasi. Di antaranya untuk jalur minat berupa bebas SPP tetap semester 1. Jalur prestasi dapat pembebasan 50 persen sumbangan pembangunan, dan jalur organisasi bebas SPP tetap semester 1. 

"Untuk prosedur pendaftaran dilakukan secara online pada laman online.pmb.ump.ac.id, memproses pembuatan akun pendaftaran, pemilihan jalur pendaftaran dan program studi, melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu," katanya.

PMB UMP menerapkan sistem One Day Service untuk semua program studi kecuali Prodi Farmasi. Dalam hal ini, khusus Prodi Farmasi, seleksi dan pengumuman dilakukan setiap dua minggu sekali, yakni pengumuman dilaksanakan setiap hari Selasa pada minggu ke-2 dan ke-4 setiap bulannya. 

Adapun persyaratan khusus untuk jalur minat, yakni scan rapor semester 1-4, dan rekomendasi kepala sekolah atau guru BK. Untuk jalur prestasi cukup scan rapor semester 1-4 dan melampirkan bukti prestasi seperti piagam atau sertifikat penghargaan. Sementara untuk jalur organisasi menggunakan scan rapor semester 1-4 dan melampirkan surat keterangan aktif di organisasi. 

"Saat ini, UMP memiliki 49 prodi dan 11 fakultas, sudah banyak yang terakreditasi A. Selain itu, UMP juga memiliki banyak program profesi dan penyelenggara PPG, dan 7 program pascasarjana,"kata Yudha. (tgr).

Baca juga: PPPUD FPP UMP dampingi kelompok pengrajin pasarkan cococraft bermutu berbasis digital
Baca juga: Wakil Rektor UMP: Munculkan ide kreatif untuk penelitian

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024