Purwokerto (ANTARA) - Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD), Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), mengembangkan pemasaran kreatif cococraft bermutu sebagai produk unggulan Purbalingga. 

Ketua tim (dosen) dan pelaksana pengabdian PPUD UMP  Dr Ir Dumasari MSi mengatakan produksi cococraft bermutu, pada kelompok pengrajin manunggal karya di Purbalingga Wetan perlu terus dikembangkan dalam berbagai aspek. 

Menurut dia, salah satu aspek yang penting dan krusial adalah memperkuat dan menjamin pemasaran potensial. 

"Fakultas Pertanian dan Perikanan UMP telah memberikan fasilitas dan pelayanan teknik pemasaran kreatif. Kegiatan PPUD Tahap 3 ini dikhususkan untuk meningkatkan kemandirian dan kreatifitas pengrajin memasarkan produknya mulai dari level lokal, regional dan nasional," katanya di Purwokerto, Senin (17/10). 

Ia mengatakan pelaksanaan PPPUD yang sudah berlangsung selama tiga tahap ini didukung oleh tim pengabdi dari Universitas Jenderal Soedirman dan Institut Pertanian Bogor. 

"Beberapa mahasiswa FPP UMP turut berpartisipasi melakukan pendampingan sekaligus dalam rangka menyelesaikan tugas akhir skripsi," ungkapnya.  

Baca juga: Wakil Rektor UMP: Munculkan ide kreatif untuk penelitian

Lebih lanjut, Dumasari mengatakan jangkauan segmen pasar cococraft sudah mencapai go nasional. Pelanggan produk telah tersebar di berbagai kota tidak hanya sekitar Jawa Tengah namun sampai Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Tangerang bahkan Sumarera, Kalimantan dan  Bali.  

Menurut dia, fasilitas pemasaran kreatif yang ditransfer kepada pengrajin berupa e-comerrce dan media sosial lain. 

"Pemanfaatan e-comerce dan teknik pemasaran kreatif lain membantu pengrajin untuk akses berbagai segmen pasar potensial. Bagi konsumen yang berminat memesan aneka jenis produk cococraft bermutu silahkan langsung ke alamat e-comerce https://market.cococraftbermutu.ump.ac.id/," jelasnya.   

Ia mengatakan produk cococraft yang diproduksi pengrajin sudah melalui penyortiran baik pada bahan baku, bentuk, dan ukuran. 

Menurut dia, standarisasi mutu cococraft layak sebagai produk unggulan Purbalingga. 

"Tim pengabdi PPPUD dan anggota mitra mengucapkan terimakasih kepada Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM),  Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, yang telah memberikan kesempatan untuk pelaksanaan PPPUD Kerajinan cococraft bermutu dengan disain motif kekinian dari olahan bahan limbah kelapa sebagai produk unggulan Purbalingga. Semoga produksi cococraft bermutu semakin berkembang," kata Dumasari. (tgr)

Baca juga: Rektor ajak UMKM bermedia sosial promosikan produk di Instagram UMP
Baca juga: PBSI UMP gelar Olimpiade Baca Puisi untuk memeriahkan Bulan Bahasa

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024