Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Subroto Awards 2022 kategori "Efisiensi Energi Bidang Keselamatan Migas dan Pemanfaatan Gas Suar pada Kegiatan Migas". 

Penganugerahan penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI ini dilakukan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif secara virtual pada Senin (4/10). 

Kesuksesan PT KPI RU IV meraih Subroto Awards 2022 ini menyusul keberhasilan pemanfaatan gas suar yang dikonversi menjadi sumber energi lain. 

"Kami tentu apresiasi kepada seluruh perwira RU IV yang telah mengupayakan efisiensi energi dengan pemanfaatan gas suar sehingga kita berhasil mendapat penghargaan ini," kata General Manager PT KPI RU IV Edy Januari Utama.

Lebih lanjut, Edy mengatakan pemanfaatan gas suar ini dapat meningkatkan keekonomian operasi dan bisnis kilang RU IV mengingat flare gas yang biasanya terbuang dapat dimanfaatkan kembali menjadi fuel gas

Baca juga: PT KPI RU IV dan Kejari Cilacap sepakati perpanjangan kerja sama

"Pemanfaatan ini juga turut mengurangi dampak pencemaran lingkungan sekaligus wujud nyata komitmen Perwira Pertamina mendukung efisiensi dan optimalisasi sebagai prioritas industri migas," ujarnya.

Edy juga mengingatkan masih banyak peluang inovasi lain untuk mempercepat transisi energi, serta mendukung target Nasional berupa penurunan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030. 

"Pertamina sudah melakukan inisiatif dekarbonisasi melalui efisiensi energi, penggunaan gas flaring, konversi bahan bakar, dan modifikasi peralatan rendah emisi. Keberhasilan ini semakin menegaskan kilang Cilacap sebagai andalan dalam menjaga kedaulatan energi," katanya. 

Menurut dia, keberhasilan ini juga menjadi bagian dari implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis RU IV.

"Dalam praktik bisnis dan investasi, kami selalu berupaya mengoptimalkan integrasi dan implementasi ESG dalam setiap kebijakan," kata Edy.

Subroto Awards merupakan penghargaan Kementerian ESDM setiap tahun sebagai apresiasi kepada para pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta atau pengguna energi secara perorangan yang telah berhasil menerapkan efisiensi energi dan konservasi energi termasuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca. 

Pelaksanaan penghargaan tahun ke-5 ini merupakan acara puncak peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang diperingati setiap 28 September.

Baca juga: Terapkan program TJSL berkelanjutan dan berdampak bagi masyarakat, PT KPI raih The Best TJSL 2022
Baca juga: Kilang Cilacap raih dua penghargaan TJSLP Cilacap 2022

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024