Purwokerto (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso dan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto menggelar gowes (bersepeda, red.) bareng untuk mengampayekan gaya hidup sehat dalam rangka Semarak Pra Muktamar Ke-48 Muhammadiyah.

Gowes bareng yang digelar di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu, dimulai dari Kampus I UMP ke arah kiri menuju Simpang Empat Dukuhwaluh, kemudian lurus ke Jalan Sultan Agung, Jalan Martadireja, Jalan Kaliputih, Jalan Jenderal Soedirman, dan singgah di Menara Teratai Purwokerto.

Selanjutnya kembali ke Jalan Jenderal Soedirman, Alun-Alun Purwokerto, Tugu Gada Rujak Pala, Jalan Stasiun, dan kembali ke Kampus I UMP.

Dalam sambutannya, Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan kegiatan tersebut menjadi lawatan yang sangat keren karena UMY mengunjungi UMP 

"Mudah-mudahan kami dan kita terkoneksi dengan konsep green campus. Selamat datang teman-teman Goweser dari UMY. Ini kampus persyarikatan amal usaha kita Bersama. Ditempat ini kita sering jalan sehat, gowes, dan ada UMP Bersepeda sejak 2017. Saya kira hadirnya tim UMY nanti akan semakin menyemangati kita untuk bisa semakin sehat," jelasnya. 

Baca juga: Sambut mahasiswa baru, UMP hadirkan menteri hingga jenderal

Lebih lanjut, Dr Jebul mengatakan hidup itu harus sehat, bahagia, serta gembira dan hal itu bisa diperoleh melalui bersepeda. 

"Mudah-mudahan sehat untuk kita semua, kampus persyarikatan kita ke depan itu menjadi kampus yang betul-betul green dan keluarga besarnya juga sehat sejahtera," katanya. 

Sementara itu, Rektor UMY Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto mengatakan tim gowes UMY ke UMP merupakan momentum untuk memasyarakatkan salah satu Sustainable Development Goals (SDGs).

"Kami ucapkan terima kasih kepada tim gowes dari UM Purwokerto, yang jelas ini momentum kita memasyarakatkan salah satu Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu kesehatan lingkungan melalui green leave itu kegiatan yang bernuansa hijau. Kita beri nama grind connection, karena nanti kita berharap, di setiap perguruan tinggi Muhammadiyah itu ada satu time work, yang consent terhadap kehidupan hijau," jelasnya. 

Dengan demikian, kata dia, hal ini nanti akan terkoneksi dengan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah dan bisa saling berbagi (sharing) melaksanakan banyak kegiatan yang bernuansa lingkungan. 

"Nah mudah-mudahan penerimaan yang bagus dari Rektor dan seluruh civitas academica UM Purwokerto memberikan suntikan semangat buat kami untuk selalu menggelorakan kembali tentang isu green leave yang ada di dalam paket SDGs," kata Rektor UMY.(tgr)

Baca juga: World Coconut Day, Moeldoko dan Rektor nikmati Klapa di kebun Kopyor UMP
Baca juga: Rektor UMP jadi pembicara kuliah umum di Brunei Darussalam

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024