Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kota Semarang akan hujan dengan intensitas sedang pada hari ini.

Hal ini secara umum dipicu oleh adanya dua sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai yang berpotensi memicu terjadinya hujan di sejumlah kota besar di Indonesia, Rabu.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id di Jakarta, pembentukan awan hujan memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung di Laut Natuna dan di Samudra Hindia barat, Kepulauan Mentawai.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda, kemudian di Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan di wilayah Papua.

Prakiraan cuaca di Pulau Sumatera secara umum berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Potensi hujan sedang diprakirakan terjadi di Kota Medan.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diprakirakan terjadi di Kota Bengkulu dan hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Palembang.
 

Pewarta : Andi Firdaus
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024