Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto bekerja sama dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas menggelar kegiatan vaksinasi penguat bagi mahasiswa se-Banyumas Raya dan masyarakat umum.

Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76 itu digelar di Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed, Rabu-Kamis (8-9/6), diikuti 1.066 pendaftar vaksin penguat (booster).

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed Alfan Maulana Akbar mengatakan kegiatan vaksinasi penguat tersebut diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan masyarakat umum.

"Mahasiswa yang mengikuti vaksinasi berasal dari berbagai universitas, yaitu Unsoed, UMP, Unwiku, UBSI, IT Telkom, UHB, UIN Saizu, UNU, dan Amikom," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Unsoed Bidang Umum dan Keuangan (WR II) Prof. Dr. Hibnu Nugroho, S.H., M.H. mengatakan program vaksinasi menjadi salah satu ikhtiar negara hadir upaya menanggulangi wabah tersebut. 

Baca juga: Mahasiswi Unsoed tembus 20 besar "Fashion Designer Competition 2022"

Melalui vaksinasi tersebut, kata dia, diharapkan akan cepat membentuk kekebalan pada tubuh. 

"Artinya, jika vaksinasi ini terus digencarkan dan diperluas, tidak hanya individu-individu yang lebih kebal dalam mencegah serangan COVID-19, juga akan dapat membentuk kekebalan di tingkat yang lebih luas di masyarakat," katanya.

Ia mengatakan situasi yang semakin membaik ini secara psikologis akan menghadirkan suasana kebatinan yang lebih optimistik, sehingga tidak saja memiliki sikap pantang menyerah menghadapi keadaan yang tidak mudah itu, juga siap menatap masa depan dengan semangat dan penuh tekad. 

"Program vaksinasi lanjutan yang didukung oleh Polresta Banyumas pada saat ini, sejatinya adalah bentuk kedekatan emosional antara kedua institusi.  Kerja sama ini akan semakin memampukan situasi yang lebih kondusif bagi warga Unsoed dan warga Banyumas, sehingga dapat mengakselerasi diri dalam keadaan yang lebih baik lagi," kata Prof. Hibnu.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan bersama Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu berkesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini, para peserta vaksinasi dapat memilih jenis vaksin, di mana tersedia Astrazeneca, Pfizer, dan Sinovac.

Baca juga: FEB Unsoed gelar pelatihan perbankan syariah bagi mahasiswa
Baca juga: Puncak rangkaian Dies Natalis Ke-41 FH Unsoed diisi orasi ilmiah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024