Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Uniek Dyah Safira berhasil menembus posisi 20 besar dalam ajang Indonesia Fashion Parade "Fashion Designer Competition 2022".

Uniek yang tercatat sebagai mahasiswi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed mengaku telah melakukan persiapan sebelum mengikuti kompetisi tersebut.

Menurut dia, persiapan itu dilakukan dengan mempelajari tools desain karena mendesain dengan menggunakan media digital merupakan hal baru baginya.

"Selain itu, persiapan yang saya lakukan adalah menggali ide untuk dapat dikembangkan ke dalam desain dan memilih material yang cocok dengan desain," katanya. 

Dia mengatakan desain pakaian yang akan diikutsertakan ke dalam lomba difokuskan ke dalam tema gotik yang dipadupadankan dengan unsur etnik dengan penggunaan material kain lurik, kain tile, dan kain organza.

Lebih lanjut, Uniek mengaku jika senang menggambar sejak kecil, salah satunya gambar tentang pakaian, sehingga sering mendapatkan pujian dari teman-teman semasa kecil.

"Ada salah seorang teman yang ngomong 'Nanti kalau aku nikah, kamu yang desainin gaun aku ya'," kata dia menirukan ucapan temannya.

Akhirnya, kalimat positif ditambah minatnya yang besar di bidang desain fesyen membawa Uniek ke dalam keputusan di langkah-langkah berikutnya.
 
Salah satunya, dia melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah kejuruan dengan mengambil jurusan Tata Busana. Di bangku sekolah, Uniek belajar banyak dalam hal tentang membuat pakaian seperti mendesain, membuat pola, menjahit, dan lain-lain.

Baca juga: FEB Unsoed gelar pelatihan perbankan syariah bagi mahasiswa

Walaupun saat ini saya menempuh pendidikan di Unsoed dengan mengambil jurusan Ekonomi Pembangunan, namun tidak mengurangi niat saya untuk menjadi desainer seperti apa yang saya cita-citakan sejak kecil," katanya.

Setelah mengetahui lolos 20 besar, Uniek merasa senang dan excited karena akan berkesempatan memamerkan karyanya di panggung runaway Indonesia Fashion Parade. 

"Saya juga merasa bangga karena bisa membersamai mereka yang terlebih dahulu mendalami bidang fesyen dan telah menjuarai berbagai perlombaan. Tahapan lomba selanjutnya adalah proses kurasi karya pakaian, dilanjutkan dengan pertunjukan karya di panggung runaway," katanya.

Indonesia Fashion Parade merupakan kegiatan tahunan yang menghadirkan parade karya hasil desainer Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, diadakan pula kompetisi desain untuk mereka yang mempunyai minat di bidang fesyen yang kali ini mengusung tema "Wastra Nusantara".
 
Lomba diikuti oleh masyarakat umum se-Indonesia, diawali dengan pendaftaran yang dimulai pada 21 April – 20 Mei 2022, sekaligus pengumpulan karya desain, penjurian karya desain, pengumuman 20 besar, proses pembuatan karya desain menjadi bentuk pakaian, dan karya pakaian dikurasi oleh desainer senior selaku dewan juri (Athan Siahaan, Sonny Muchlison, Arieshanti). Setelah itu karya yang telah dibuat dipertunjukkan ke dalam Indonesia Fashion Parade 2022.

Pelaksanaan acara parade fashion sendiri dijadwalkan pada tanggal 26-30 Juni 2022. Khusus untuk peserta yang masuk 20 besar akan tampil pada tanggal 27 Juni 2022 yang bertempat di Swissbell Hotel, Jakarta.


Baca juga: Puncak rangkaian Dies Natalis Ke-41 FH Unsoed diisi orasi ilmiah
Baca juga: Unsoed Purwokerto jalin kerja sama dengan Pemkab Pangandaran

 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024