Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam rangka peningkatan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepakatan bersama yang ditandatangani Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di Gedung IAB Unsoed, Purwokerto, Jumat (3/6).

Saat memberi sambutan, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan kerja sama dengan perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat akan memberikan dampak manfaat yang luar biasa. 

"Hari ini (3/6) merupakan awal yang baik bagi bersejarah bagi Kabupaten Pangandaran, dalam rangka peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di Kabupaten Pangandaran," katanya.

Baca juga: Himabisi Unsoed raih penghargaan dalam Anugerah ASA 2022

Sementara itu, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan salah satu komitmen dari perguruan tinggi adalah berkontribusi bagi masyarakat, khususnya melalui pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).

Ia mengatakan Unsoed lahir, besar, dan bersama masyarakat khususnya dalam pengembangan sumber daya perdesaan yang berkearifan lokal. 

Dalam hal ini, Unsoed memiliki kepekaan tersendiri dalam pembangunan daerah dengan semangat mewujudkan daerah yang mandiri dan sejahtera dengan potensi yang dimiliki. 

"Unsoed siap untuk menjadi bagian dari turut membangun dan memajukan Pangandaran," katanya.

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan melalui penyiapan dan penguatan SDM, optimalisasi teknologi tepat guna, hingga kolaborasi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki, seperti kepariwisataan, pengembangan lahan pertanian, perikanan, peternakan, serta berbagai sektor yang khas dan menjadi prioritas di daerah.

"Kami berharap momentum pada hari ini (3/6) dapat segera ditindaklanjuti dalam berbagai kerja sama strategis dan riil antara Unsoed dan Kabupaten Pangandaran. Hal ini tentunya akan membuat kemanfaatan kesepakatan bersama ini dapat segera dirasakan oleh semua pihak," kata Rektor. 

Baca juga: ZPT alami untuk jambu citra antarkan Etik raih gelar doktor
Baca juga: Dukung MBKM, Fapet Unsoed jalin kerja sama dengan PT New Hope Indonesia

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024