Purwokerto (ANTARA) - Penelitian tentang zat pengatur tumbuh alami (ZPT) untuk jambu citra berhasil mengantarkan dosen Agroteknologi kepeminatan Hortikultura Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Etik Wukir Tini, S.P., M.P. meraih gelar Doktor Ilmu Pertanian.

Gelar tersebut diraih setelah Etik berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Identifikasi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami Penyebab Kerontokan dan Studi Pemberian ZPT terhadap Fisiologi dan Kualitas Jambu Semarang (Syzygium samarangense 'Citra')" dalam ujian terbuka promosi Doktor Ilmu Pertanian yang digelar di Ruang Pascasarjana Unsoed, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (25/5).

Ujian terbuka yang dipimpin oleh Dekan Faperta Unsoed Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S. dengan promovendus Etik Wukir Tini, S.P., M.P. itu dihadiri para promotor yang terdiri atas Prof. Ir. Totok Agung D.H., M.P., Ph.D., Prof. Ir. Sakhidin, M.P., dan Dr. Ir. Saparso, M.P. serta para penguji yang hadir secara luring maupun daring.

Para penguji yang menelaah dan menguji disertasi yang disusun Etik berasal dari dalam dan luar Faperta Unsoed, antara lain Prof. Dr. Rifda Naufalin, S.P., M.Si. (Faperta Unsoed), Prof. Ir. Arifin Noor Sugiharto, M.Sc. Ph.D. (Faperta Universitas Brawijaya), Dr. Pudji Widodo, M.Sc. (Fakultas Biologi/Fabio Unsoed), Ir. Kharisun, Ph.D. (Faperta Unsoed), Dr. Erminawati, M.Sc., Ph.D. (Faperta Unsoed), serta Sugiyono, S.Si., Ph.D. (Fabio Unsoed).

Baca juga: Dukung MBKM, Fapet Unsoed jalin kerja sama dengan PT New Hope Indonesia

Dari disertasi tersebut ditemukan sejumlah kebaruan, antara lain materi yang digunakan dalam penelitian adalah jambu citra (Syzygium samarangense 'Citra'), identifikasi kandungan ZPT penyebab kerontokan bunga dan buah jambu citra, serta aplikasi ZPT alami dari ekstrak dari umbi bawang merah, daun kelor, bonggol pisang, biji jagung manis, dan kecambah kacang hijau pada bunga dan buah jambu citra.

Selain itu, fisiologi tanaman jambu citra dengan aplikasi ZPT dari ekstrak dari umbi bawang merah, daun kelor, bonggol pisang, ekstrak, dan kecambah kacang hijau. Selanjutnya, sifat fisik dan kimia buah jambu citra dengan aplikasi ZPT dari ekstrak dan kecambah kacang hijau, diagram analisis jalur (Path analysis) pengaruh ZPT, fisiologi, dan lingkungan terhadap tingkat kerontokan jambu citra, serta diagram analisis jalur (Path analysis) pengaruh ZPT dan sifat fisik-kimia buah terhadap bobot buah jambu citra. 

Sebagian hasil penelitian disertasi telah dipublikasikan di Jurnal Internasional Advances in Horticultural Science 35 (1) halaman 53-60 dengan judul "Endogenous Hormone Causes Flower and Fruit Drop of Wax Apple (Syzigium samarangense cv. Citra)" dan in review pada beberapa jurnal nasional terakreditasi.

Baca juga: Jurnal Keperawatan Soedirman terindeks di Scopus
Baca juga: IAEI Komisariat Unsoed gelar webinar digitalisasi keuangan syariah
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024