Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap mengirimkan lima gugus kendali mutu untuk berlaga di Annual Pertamina Quality Awards (APQA) 2022 yang merupakan agenda tahunan PT Pertamina (Persero) sebagai wujud nyata apresiasi manajemen terhadap budaya inovasi dan perbaikan berkelanjutan di level bisnis dan operasional. 

Kelima gugus kendali mutu tersebut terdiri atas tiga tim Project Collaboration Improvement (PC- Prove) yakni PC- P Riser, PC- P Eksterminator dan PC- P Modbus, serta satu gugus Functional Team Improvement (FT- Prove) Inost dan 1 gugus Replication Team Improvement (RT-Prove) Lubicreation.  

Total 45 personel dari lima gugus tersebut mendapatkan pembekalan dari tim juri dan Pjs General Manager (GM) PT KPI RU IV Arief Budiyanto di Gedung Persatuan Wanita Patra (PWP) Cilacap, Rabu (25/5). 

Quality Management (QM) Section Head PT KPI RU IV Richard Hendranata melaporkan penyelenggaraan APQA 2022 dari Subholding Refining & Petrochemical menjadi perwakilan PT KPI, tidak lagi membawa nama tiap-tiap RU. 

"Total ada 31 gugus mewakili PT KPI dari semua RU, mulai RU II hingga RU VII, sedangkan RU IV mendapatkan kuota lima gugus dengan keterlibatan 45 orang perwira," katanya. 

Baca juga: Pertamina Cilacap gelar pelatihan pengelolaan sampah organik-anorganik untuk warga

Penentuan kuota tersebut berdasarkan formula yang ditentukan oleh 4 orang juri kantor pusat dan 1 juri dari RU. 

"APQA tahun 2022 direncanakan berlangsung secara 'online' pada 6-8 Juni 2022 mengusung tema Fuel Up The Energy Speed Up Towards Innovation," kata Richard.

Sementara itu, Pjs GM PT KPI RU IV Arief Budiyanto berpesan agar wakil PT KPI RU IV dapat memanfaatkan "prime time" dan menguasai materi presentasi yang disampaikan, sehingga insan mutu RU IV yang telah mendapatkan pembekalan "public speaking" dan "powerful presentation" tersebut dapat membawa pulang kategori Diamond dan Platinum. 

"Jangan terjebak dengan hal-hal teknis, silakan dikemas dengan kalimat yang simpel, 'catchy', dan mudah dipahami," katanya. 

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan apresiasi sertifikat Juara I Konvensi Gugus Kendali Mutu (GKM) Jawa Tengah (30-31 Maret 2022) kepada PC-Prove Kerja Bakti yang diterima perwakilan gugus, Aditya Rizky Rudianto. 

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada PC-Prove Omega peraih Gold Level International, Malaysian Technology Expo 2022 (16-17 Maret 2022) yang diterima Mochammad Farid dari Refinery Planning Optimization (RPO).

Baca juga: Silaturahmi Expert 2022 rajut jalinan kasih antara pensiunan Pertamina dan pekerja
Baca juga: Pertamina Cilacap optimalkan kondisi kebugaran pekerja

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024