Semarang (ANTARA) - Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia di Kota Semarang berhasil mencatatkan kenaikan jumlah transaksi hampir dua kali lipat dan lima kategori paling laris antara lain kategori kesehatan, handphone & tablet, makanan & minuman, elektronik, dan rumah tangga. 

Hyperlocal dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan setiap daerah yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat supaya masyarakat bisa berbelanja lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan pers yang diterima di Semarang, Minggu menjelaskan untuk mendukung inisiatif hyperlocal, Tokopedia telah memperkenalkan program Paket Sehari Tiba (PASTI) di akhir 2021. 

Melalui program tersebut, pembeli dipastikan dapat menerima pesanannya hanya  dalam waktu  satu hari sejak melakukan pesanan dan menawarkan berbagai promo gratis ongkir, serta diskon hingga 80 persen.

Sejak peluncuran Desember 2021 hingga Maret 2022, PASTI di Kota Semarang telah mencatat pertumbuhan jumlah pesanan sebesar lebih dari delapan kali lipat.

"Dengan program PASTI Tokopedia memastikan agar seluruh penduduk Kota Semarang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan melakukan belanja online secara lebih efektif dan efisien dalam kurun waktu kurang dari 24 jam," katanya.

Tokopedia juga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam menawarkan promo cashback 20 persen untuk transaksi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) melalui aplikasi Tokopedia.

Berlaku sepanjang Mei 2022, promo tersebut juga diberikan dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-475 Kota Semarang dan pengguna cukup mencantumkan kode promo PBBSEMARANG untuk mendapatkan promo tersebut.

"Kami harap dengan adanya promo ini dapat meningkatkan antusias masyarakat Kota Semarang untuk melakukan transaksi pembayaran PBB secara online di Tokopedia," tutup Ekhel.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024