Purwokerto (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr. mengatakan bahwa semangat halalbihalal adalah ukhuah atau persaudaraan.

"Tidak saja sifatnya persaudaraan dalam keimanan, melainkan mengokohkan rasa persaudaraan sebagai sesama anak bangsa, bahkan sebagai umat manusia," katanya saat acara Halalbihalal Keluarga Besar Unsoed di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Halalbihalal dalam rangka Idul Fitri 1443 Hijriah yang berlangsung di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman dihadiri para sesepuh Unsoed, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan tamu undangan.

Lebih lanjut, Prof. Sodiq mengatakan lebaran dan acara halalbihalal tahun ini sungguh sangat berbeda dibandingkan dengan satu-dua tahun terakhir. 

"Meskipun pandemi belum dinyatakan berakhir, alhamdulillah berkat kerja keras pemerintah bersama dukungan seluruh masyarakat, kita sudah dapat lagi bersilaturahmi secara langsung," katanya.

Baca juga: Faperta Unsoed-DPRD Pemalang bahas naskah akademik Raperda Pertanian Organik

Menurut dia, Idul Fitri tidak saja menjadi sebuah perayaan hari besar keagamaan juga menghadirkan diri sebagai sarana dalam menemukan jati diri yang penuh welas asih, saling memaafkan, saling menghormati, serta kepekaan dengan sesama.

"Hal ini tentunya berlaku juga bagi kita, Keluarga Besar Universitas Jenderal Soedirman. Lebaran ini kiranya menjadi momentum untuk Menjaga Unsoed sebagai Rumah Bersama, untuk senantiasa kita rawat dan pelihara, karena Unsoed tempat kita bersama hidup, tumbuh dan berkembang. Lebaran ini kiranya menjadi pengingat untuk Menjaga Unsoed sebagai Keluarga, sehingga dalam setiap interaksi di antara kita selalu dilandasi oleh rasa kasih sayang untuk menjadikan Unsoed semakin berkontribusi dan diakui peranannya di masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Sodiq secara khusus menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Prof. Suwarto yang baru saja menyelesaikan amanah sebagai Rektor Unsoed periode 2018-2022.

"Terima kasih kepada Prof. Suwarto yang telah meletakkan fondasi Unsoed semakin kokoh dalam berkontribusi. Insyaallah menjadi tugas kami untuk melanjutkan apa yang sudah dirintis, sehingga Unsoed menjadi institusi yang semakin diakui," kata dia yang terpilih sebagai Rektor Unsoed periode 2022-2026.

Acara Halalbihalal Keluarga Besar Unsoed tersebut juga diisi tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Drs. K. H. Achmad Kifni.

Baca juga: Unsoed Purwokerto dan BPJS Kesehatan jalin kemitraan strategis
Baca juga: Petakan BUMDes, Tim Rispro LPDP Unsoed kunjungi Dispermades Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024