Magelang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Magelang memulihkan sistem kelistrikan dari dampak cuaca ekstrem di Kota dan sebagian Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, belum lama ini.

"Alhamdulillah kita berhasil menormalkan kembali jaringan utama PLN, pasokan listrik yang sempat terdampak cuaca ekstrem di Kota Magelang dan sebagian Kabupaten Magelang,” kata Manager PLN UP3 Magelang Yunarsih dalam keterangan tertulis di Magelang, Rabu malam.

Ia menyebut personel PLN setempat bergerak dengan cepat dalam upaya memulihkan sistem kelistrikan tersebut dari dampak cuaca ekstrem pada Senin (28/3). 

Hujan es dan angin kencang yang melanda Kota dan sebagian Kabupaten Magelang mengakibatkan gangguan sejumlah titik jaringan listrik dan padamnya aliran listrik di beberapa tempat di wilayah kerja PLN UP3 Magelang.

Dia menjelaskan cuaca ekstrem kategori bencana alam tersebut, menyebabkan banyak pohon tumbang di sejumlah tempat dan mengenai jaringan listrik sehingga berdampak pada 1.732 gardu trafo dan 135.221 pelanggan.

Baca juga: Meski hujan, Petugas PLN gerak cepat atasi gangguan di Yogya dan Magelang

Daerah yang terdampak gangguan aliran listrik, meliputi Kota Magelang yaitu Kecamatan Magelang Utara, Magelang Selatan, Magelang Tengah, sedangkan Kabupaten Magelang yaitu Kecamatan Secang, Windusari, Bandongan, Kaliangkrik, Salaman, Tempuran, Mertoyudan, Mungkid, Muntilan, Salam, Candimulyo, dan Tegalrejo.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, PLN menerjunkan 120 personel bekerja sama dengan Pemerintah Kota Magelang dan Pemkab Magelang (BPBD, DLH, Dishub, PMI ), TNI, Polri, serta mitra kerja.

Hingga Rabu ini, jaringan utama listrik telah normal, sedangkan hingga saat ini petugas masih menindaklanjuti laporan gangguan individu atau rumah yang terdampak cuaca ekstrem.

"PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata dia. 

Ia juga menghimbau masyarakat berpartisipasi berupa melaporkan kepada PLN tentang temuan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar segera ditangani petugas.

"Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan tersebut bisa melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123,” katanya.

Baca juga: Lirik REC milik PLN, 6 pelanggan siap gunakan listrik EBT 800 ribu MWh
Baca juga: PLN: Mobil PDKB sentuh langsung perkuat pencegahan gangguan

Pewarta : Hari
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024