Semarang (ANTARA) - Petugas PLN bergerak cepat mengatasi gangguan listrik yang terjadi di Yogyakarta dan Magelang meskipun dalam kondisi hujan pada Senin (28/3) sore.

Atas upaya tersebut PLN berhasil memulihkan aliran listrik yang sempat terdampak setelah terjadinya cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D. I Yogyakarta Endah Yuliati mengatakan mengingat kondisi cuaca yang ekstrem, PLN UP3 Yogyakarta dan UP3 Magelang juga bekerja sama dan dibantu TNI, POLRI, BPBD, dan masyarakat setempat untuk melakukan penormalan berjalan lebih cepat dan aman.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya, Alhamdulillah pada Senin pukul 22.46 WIB aliran listrik di Magelang telah sepenuhnya pulih dan listrik di wilayah Yogyakarta saat ini petugas berupaya melakukan penormalan secepatnya," katanya. Petugas PLN bergerak cepat mengatasi gangguan listrik yang terjadi di Magelang dan Yogyakarta meskipun dalam kondisi hujan pada Senin (28/3) sore. ANTARA/HO-PLN Sebelumnya kondisi cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang, baliho roboh, dan kerusakan aset jaringan PLN di sejumlah titik.

Hal tersebut mengakibatkan sebanyak 1.660 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sekitar 107 ribu pelanggan di wilayah UP3 Magelang, dan sebanyak  3733 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sekitar 254 ribu pelanggan di wilayah UP3 Yogyakarta mengalami gangguan.

Daerah yang sempat mengalami padam antara lain:  Candi Mulyo, Magelang, Jl. Kaliurang, Jl. Gito-Gati, Plosokuning, Cebongan, Cangkringan, Pakem, Seturan, Maguwo, Kronggahan, dan Jobgke

Endah menyampaikan PLN berkomitmen terus menjaga keberlangsungan suplai listrik pelanggan dengan mengerahkan sebanyak 143 personel, termasuk didalamnya 41 personel tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) dan 13 mobil crane yang tersebar dari PLN Unit Yogyakarta, Magelang, Sukoharjo, Surakarta, Klaten, dan Salatiga.

"Kami mengimbau juga apabila masyarakat ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan kelistrikan atau ingin mengetahui informasi lain terkait kelistrikan bisah melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123," tutup Endah.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024