Purwokerto (ANTARA) - Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Periode 2022 dilantik oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Kuat Puji Prayitno, S>H., M.Hum.

Pelantikan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring di Ruang Rapat Lantai 1 Rektorat Unsoed Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (25/2). Sebagai Presiden BEM Unsoed Tahun 2022 adalah Alfan Maulana Akbar dan Wakil Presiden Nisa Fauztina. 

Dalam sambutannya, WR III Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum. mengucapkan terima kasih kepada BEM periode 2021 yang telah bekerja dengan baik, dan mengucapkan selamat kepada pengurus BEM yang baru semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya. 

Menurut dia, kampus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, di mana mahasiswa dapat menempa diri melanjutkan sejarah kehidupannya menjadi mahasiswa, untuk kemudian kelak memasuki dunia masyarakat. 

"Organisasi kemahasiswaan sangat penting dan strategis untuk bisa menjadi penyalur minat, bakat, dan kegemaran mahasiswa. Selain itu juga menjadi penyalur aspirasi serta menjadi tempat untuk melatih kepemimpinan," katanya.

Baca juga: FPIK Unsoed dorong upaya pengendalian pencemaran lingkungan

Lebih lanjut, dia mengatakan ada tujuh kegiatan di bidang kemahasiswaan, yaitu bidang penalaran, bidang minat dan bakat, bidang kesejahteraan dan kewirausahaan, bidang penyelearasan dan pengembangan karir, bidang mental spiritual dan kebangsaan, bidang internasionalisasi, serta bidang pemberdayaan alumni.

Sementara itu, Presiden BEM Periode 2022 Alfan Maulana Akbar mengatakan pembelajaran seorang mahasiswa bukan hanya di kelas saja, juga pembelajaran di luar kelas, di berbagai ruang dan waktu termasuk di organisasi, salah satunya BEM Unsoed

Menurut dia, hal itu bukan sekadar mengembangkan diri, juga bisa memberikan kontribusi terbaiknya kepada civitas academica maupun masyarakat luas. 

"Pelantikan ini merupakan titik awal bagi kita untuk melangkah bersama menjalankan satu periode ini," katanya.
 
Lebih lanjut, Alfan mengatakan misi BEM Unsoed Periode 2022 adalah menyalakan segala potensi BEM Unsoed dan Indonesia dalam satu dekapan. 

"Mimpi tersebut perlu diejawantahkan bersama, yang akan diwujudkan dalam setiap langkah dan aksi nyata yang akan dilakukan oleh BEM Unsoed ke depan. Saya mengajak kepada seluruh pengurus BEM untuk menyalakan segala potensi kebaikan, menciptakan kreasi serta memberikan pengabdian yang terbaik untuk kebermanfaatan Unsoed dan Indonesia," katanya menegaskan. 

Baca juga: Alumni FH Unsoed gelar rapat kerja perkuat kelembagaan alumni
Baca juga: Fakultas Teknik Unsoed gelar pelatihan "E-learning Jenderal Soedirman University"

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024