Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, menggelar pelatihan "E-learning Jenderal Soedirman University (eLDirU)" dalam rangka memperkuat sistem pembelajaran berbasis elektronik.

Kegiatan pelatihan eLDirU yang dipandu oleh Muhammad Syaiful Aliim, S.T., M.T. tersebut digelar secara daring menggunakan platform Zoom pada hari Jumat (11/2).

Syaiful mengatakan eLDirU yang merupakan platform pembelajaran mencakup penyampaian pembelajaran dalam bentuk teks, audio, gambar, animasi, video streaming, dan lain-lain. 

Dalam hal ini, eLDirU merupakan platform pembelajaran elektronik milik Unsoed yang dapat diakses melalui laman https://eldiru.unsoed.ac.id/ dan merupakan sistem yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIA) di laman https://sia.akademik.unsoed.ac.id/.

Baca juga: HI Unsoed berkolaborasi dengan DLH Banyumas dalam Program Kampung Iklim

Dengan eLDirU, dosen akan mudah dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswa seperti tugas dan quiz (ulangan). 

“Terlebih dalam masa pandemi COVID-19, keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh pendidik maupun peserta didik, namun juga dipengaruhi oleh sarana pembelajaran yang digunakan. Dalam kaitan tersebut, maka seorang pendidik dan peserta didik dituntut untuk kreatif, inovatif, dan dapat melakukan proses pembelajaran yang komunikatif," katanya.

Dalam pelatihan eLDirU tersebut juga dijelaskan keunggulan dari eLDirU termasuk hal-hal teknis, antara lain pengunggahan (upload) materi perkuliahan bermacam format seperti txt (text), doc, pdf, ppt, video, dan animasi SCORM, serta asesmen ujian/tes/ulangan, bermacam bentuk, dan otomatis terkoreksi.

Selain itu, grup diskusi, pesan, chat, presensi kehadiran mahasiswa pada kelas daring. Kemudian hak istimewa (privilege), kelas, dan materi di dalamnya dapat diatur dengan pembatasan akses (tertutup) atau terbuka bagi umum, serta pembuatan grup untuk membagi kelas ganjil dan genap.

Baca juga: Unsoed Purwokerto sosialisasi SNMPTN 2022 melalui Youtube
Baca juga: FEB Unsoed bekali peserta Program MBKM Peneliti Muda Berkontribusi 2022

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024